Maret 13, 2016

Sukses dengan IQ, EQ & SQ.



Oleh; Fauzul Bari

Menjadi orang pintar sungguh sangatlah mudah, tinggal belajar dengan tekun, menghafal dan menelaah. Namun menjadi orang bijak sungguh sangatlah sulit, harus di lalui dengan proses yang panjang, penuh dengan cobaan, penderitaan, dan bahkan dengan tetesan air mata.
 
Betapa banyak orang pintar, namun, tidak mampu mengkondisikan keadaan, dan menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sehingga kepintarannya dapat mencelakakan dirinya dan orang lain, kepintarannya hanya akan menjadi jembatan mala petaka bagi dirinya. 
 
Sungguh betapa malangnya jika seseorang hanyalah pintar namun tidak bijak. teringat dengan istilah Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ)dan Spritual Qutient, bahwa kecerdasan intelektual (IQ) hanyalah membutuhkan 6%-20% untuk mengantarkan manusia sukses, sedangkan sisanya adalah 80% untuk kecerdasan emosional (ES)+ kecerdasan spritual (SQ) yang mana kedua ini akan lebih mengantarkan manusia untuk sukses.
 
Namun, mirisnya anak bangsa pada era android ini, selalu beranggapan jika hanya dengan IQ ia akan menjadi sukses, sehingga ia berbondong-bondong mencari sekolah favorit, universitas terbaik, kursus kemana-mana dan lain sebagainya. namun, EQ dan SQ tidak pernah ia pedulikan. 
 
Oleh karena itu, terjadilah kerusakan dimana-mana, pemerkosaan semakin marak, perzinahan di anggap biasa, korupsi berubah menjadi hobby, pembunuhan semakin meningkat bahkan ada yang terbaru lagi yaitu LGBT.
 
Terus mau dikemanakan bangsa ini?
Ingin menikmati apa yang tengah terjadi?
Hanya sebagai penonton?
Tidak ada rasa peduli?
 Ataukah hanya ingin berkata "ini biasa sudah akhir zaman". Astaghfirullah.
 
Andalah para pemuda-pemudi yang akan meneruskan bangsa ini, jangan sampai kalian seperti mereka (yang menebarkan kerusakan-kerusakan di muka bumi ini), dengan senantiasa menjaga EQ dan SQ kalian, carilah pendidikan yang bernuansa agama Islam seperti pondok pesantren, dan MA, yang lebih memprioritaskan pelajaran agama dari pada umum, hiduplah di lingkungan itu agar EQ dan SQ kalian sedekit demi sedikit terbangun, atau mencari guru pribadi untuk senantiasa membangun dan mendidik EQ dan SQ kalian, banyak cara untuk membangun EQ & SQ kalian, tergantung kalian sendiri, karena kalian-lah calon orang sukses pada masa depan.

Ingat IQ+EQ+SQ= sukses

Ingat IQ juga penting, tapi EQ dan SQ lebih penting ....!

Ingat !!! menjadi orang pintar harus, tapi, menjadi orang bijak lebih harus lagi...

mari kita membangun bangsa yang berprestasi dunia akhirat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates