Maret 30, 2019

beranda fosikba

                BERANDA FOSIKBA


Jum’at, 29 maret 2019| Forum Silatuurami Keluarga Besar Al-Khairot (FOSIKBA) kembali mengadakan acara rutinan setiap setengah bulan satu  kali, yaitu kajian dengan sistem musyawarah.  Kajian ini banyak dihadiri oleh para anggota FOSIKBA dengan tujuan untuk bisa menimba ilmu dari pemateri dan teman – teman, menuangkan pendapat,  dan bertanya apabila ada musykilah tentang apa yang sudah dipaparkan oleh pemateri.
                Tema yang diangkat dari kitab tarikh mazahib, yaitu tentang biografi imam Abul Hasan al-Asy’ari; Imam Mazhab Asy’ariyin. Kajian kali ini diisi langsung oleh Ust. Kholilurrahman Zubaidi sebagai pemateri dan Ust. Raihan Qodri untuk memimpin berjalannya kajian kali ini.
                Kajian ini dirangkum berbentuk makalah oleh pemateri agar memudahkan para anggota dalam memahami pemaparan pemateri. Sehingga dalam kajian ini bukan hanya membahas soal cikal – bakal asy’ari, tapi juga soal diksi.
                “kita bermazhab Asy’ari tapi kita tidak tahu siapa beliau, bagaiamana perjalanan hidup beliau dan atas landasan apa beliau mendirikan mazhab ini, menurut saya merupakan pengakuan palsu” tutur pemateri.
                Sampai dipertengahan kajian, kajian pun semakin seru atas dibukanya pertanyaan dan tanggapan dibuka secara umum oleh mederator. Para anggota pun saling memperkuat argumen – argumen  mereka dengan apa yang telah dia baca sebeumnya, yaitu tentang bagaimana mazhab asy’ariyah ini sebelum datangnya imam Abul Hasan al-Asy’ari. Sebelum datangnya imam abul hasan al-asy’ari apakah sudah ada Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai mazhab yang moderat??
                Tak lama kemudian hidanganpun dikeluarkan berupa  makanan ringan yang sudah disediakan oleh pengurus FOSIKBA saat itu. Selain menikmati nikmatnya suasana kajian para anggotapun juga  menikmati  hidangan.
Alhamdulilah kajian ini berjalan dengan lancar, dan para anggota pun merasa puas dengan apa  telah disediakan oleh panitia kali ini.
“mungkin kajian kali ini menjadi kajian yang terahir, karena ujian termin dua sudah semakin dekat. Dan mungkin pada tanggal 19 april  2019 kita akan mengadakan penutupan kegiatan FOSIKBA”  tutur ketua FOSIKBA  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates