Agustus 14, 2018

,


Remaja merupakan salah satu periode penting dimana seorang mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat dan pola perilaku. Oleh karena itu remaja sangatlah rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial.

Pubertas yang dahulu dianggap sebagai tanda awal keremajaan ternyata tidak lagi valid sebagai patokan atau batasan untuk pengkatagorian remaja, sebab usia pubertas yang dahulu terjadi pada akhir usia belasan (15-18) kini terjadi pada awal belasan bahkan sebelum usia 11 tahun sudah ada.

Munculnya tahap remaja dalam periode kematangan seksual dan sosial ditandai dengan semakin berkembangnya kompleksita masyarakat. Sejalan dengan makin beragamnya fungsi sosial, semakin meningkat pula kualifikasi yang diperlukan dalam dunia kerja, Hal ini mendorong berkembangnya pendidikan formal. Secara bersamaan, peraturan yang melarang penggunaan tenaga kerja anak-anak, semakin meningkatnya usia harapan hidup, dan faktor lain yang berpengaruh terhadap tranformasi sosial memberikan sumbangan terhadap semakin mantabnya masa remaja sebagai salah satu tahap perkembangan yang penting.

Masa remaja adalah suatu masa perubahan yang cepat baik secara fisik, maupun psikologis. Ada beberapa perubahan yang terjadi selama masa remaja:

1.      Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal dengan sebagai masa storm & stress. Peningkatan emosional ini merupakan hasil dari perubahan fisik terutama hormon yang terjadi pada masa remaja. Dari segi kondisi sosial, peningkatan emosi ini merupakan tanda bahwa remaja berada dalam kondisi baru yang berbeda dari masa sebelumnya, Pada masa ini banyak tuntutan dan tekanan yang ditujukan pada remaja, misalnya mereka diharapkan untuk tidak lagi bertingkah seperti anak-anak, mereka harus lebih mandiri dan bertanggung jawab Kemandirian dan tanggung jawab ini akan terbentuk seiring berjalannya waktu dan akan nampak jelas pada remaja akhir yang duduk di awal-awal masa kuliah. Perubahan dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain. Selama masa remaja, banyak hal-hal yang menarik bagi dirinya yang dibawa dari masa kanak-kanakan digantikan dengan hal yang baru dan lebih matang, Hal ini juga dikarenakan adanya tanggung jawab yang lebih besar pada masa remaja, maka remaja diharapkan untuk dapat mengarahkan ketertarikan mereka pada hal-hal yang lebih penting. Perubahan juga terjadi dalam hubungan dengan orang lain. Remaja tidak lagi berhubungan hanya dengan individu dari jenis kelamin yang sama, tetapi juga dengan lawan jenis dan dengan orang dewasa.

2.      Perubahan nilai, dimana apa yang mereka anggap penting pada masa kanak-kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa. Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Di satu sisi mereka menginginkan kebebasan, tetapi di sisi lain mereka takut akan tanggung jawab yang menyertai kebebasan tersebut, serta meragukan kemampuan mereka sendiri untuk memikul tanggung jawab tersebut.

Ø  Masalah utama yang dihadapi remaja

Masa remaja merupakan masa yang penting dalam kehidupan seorang individu. Seorang akan berbeda antara satu dengan yang lainnya dalam menyikapi masa remaja yang dialaminya. Pengaruh arus globalisasi dan juga lingkungan akan sangat berdampak pada mentalitas dan juga moralitas sesorang tersebut. Seorang remaja yang dapat membedakan dan menjaga dirinya dari segala hal yang dapat membuatnya terjerumus dalam banyak hal negatif dalam masa remaja maka dirinya akan bersikap hati-hati dalam menjalaninya.


Ø  Ada beberapa masalah yang dihadapi remaja di masa sekarang ini, antara lain:

A.    Mengkonsumsi rokok

Remaja terutama remaja pria tentu sangat familiar dengan yang bernama rokok. Benda yang mengandung zat adiktif atau dapat menyebabkan ketagihan apabila seseorang mengkonsumsinya ini sudah lazim dikonsumsi oleh para kaum pria terutama remaja. Dampak negatif rokok telah disebutkan pada kemasan rokok tersebut sebagai peringatan bahwa rokok dapat mengakibatkan bahaya pada diri pengkonsumsi rokok tersebut, allah melarang mahluknya untuk melakukan tindakan kerusakan pada diri mahluk tersebut dan lingkungan sekitarnya, Allah berfirman dalam suroh al Baqoroh ayat 195 yang berbunyi:

"وأنفقوا في سبيل الله ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة وأحسنوا إن الله يحب المحسنين"
وقال النبي صلى الله عليه وسلم "لا ضرر ولا ضرار" رواه ابن ماجه

Remaja yang merokok biasanya berawal dari berbagai macam faktor, antara lain:

1.      Orang tua yang merokok

Seorang remaja yang memiliki orang tua perokok rata-rata akan menjadi perokok juga seperti ayahnya, Hal inilah yang harus menjadi perhatian orang tua terhadap anaknya, jika memang sang ayah adalah perokok, sebisa mungkin jangan merokok di depan anaknya karena akan membuat si anak penasaran dengan rokok dan akhirnya mencobanya.

Sebagai orang tua yang merokok tidak bisa dirinya semerta merta melarang anaknya untuk tidak merokok karena sang anak akan meneladani perilaku orang tuanya, jika hanya melarang anaknya untuk tidak merokok dengan melewati perkataan saja maka sang anak sulit untuk menuruti perintahnya tersebut, sebaiknya menjadi orang tua harus memberikan contoh dengan perilaku yang baik agar sang anak cepat mencotoh perilaku orang tua tidak cukup dengan lisan saja melainkan dengan perilaku juga, Allah berfirman:

"يا ايها الذين أمنوا لم تقولون ما لا تفعلون"الصف ۲
وقال الإمام الزرنوجي في كتابه تعليم المتعلم "لسان الحال أفصح من لسان المقال"

2.      Pengaruh dari teman

Seseorang yang berteman atau dekat dengan kehidupan seorang perokok akan sangat mudah terpengaruh untuk ikut mencoba rokok. Jika seseorang tersebut pada awalnya memang tidak merokok namun tidak memiliki konsep hidup yang kuat, maka dia akan ikut mencoba rokok. Selain itu cap sebagai banci apabila seorang pria tidak merokok tentunya sangat salah, karena tidak semua pria diwajibkan untuk merokok.

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau kamu bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi percikan apinya mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

3.      Faktor kepribadian seorang

Salah satu faktor lainnya yaitu dari kepribadian orang itu sendiri, seorang yang dalam hidupnya selalu dilanda masalah atau stres biasanya ingin sekali melepas penat. Sampai akhirnya dia mencari segala cara agar dia bisa enjoy dan lupa sejenak akan masalahnya termasuk mencoba merokok.

4.      Iklan Rokok

Iklan rokok pada media massa yang terkadang menonjolkan atau menunjukan kejantanan seorang pria dengan merokok akan mempengaruhi dan mendorong remaja tersebut untuk merokok.

B.     Pakaian yang kurang sopan

Sudah sangat sering kita temui seorang remaja putri yang berpakaian tidak senonoh bahkan hingga membuka auratnya. Pada waktu sekarang ini kita sering mendengar kasus pemerkosaan yang menimpa seorang remaja putri dan tidak jarang penyebab remaja putri tersebut diperkosa dikarenakan dia menggunakan pakaian yang membuka auratnya.

Hal ini tentunya menjadi masalah penting yang harus dipahami para remaja putri untuk lebih mengetahui pentingnya menutup aurat. Selain untuk mentaati norma agama, menutup aurat juga dapat mencegah tindak kriminal kepada wanita tersebut. Aurat secara bahasa berarti “hal yang jelek untuk dilihat” atau “sesuatu yang memalukan bila dilihat”. Menurut syara’ aurat adalah “bagian tubuh yang diharamkan Allah untuk diperlihatkan kepada orang lain”

یَابَنِي آدَمَ قَدْأَنزَلْنَاعَلَیْكُمْ لِبَاساً یُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِیشاً, وَلِبَاسُ التَّقْوَىَ ذَلِكَ خَیْرٌ, ذَلَك من ءايات الله لعَلَّھُمْ
یَذَّكَّرُونَ(al-A'raf : 26) .

C.     Minum-minuman beralkohol

Salah satu masalah remaja yang sangat mengkhawatirkan yaitu minuman beralkohol. Sama halnya dengan rokok, di kalangan remaja pria sekarang ini menjadikan minum minuman beralkohol sebagai tolak ukur seorang pria yang sebenarnya. Dalam kehidupan kampus sendiri minum-minuman beralkohol seakan sudah semakin merajalela.

Kehidupan malam remaja sekarang ini sangat mengkhawatirkan. Sudah sangat banyak remaja yang mendatangi club malam untuk dijadikan hiburan malam. Kehidupan malam seperti ini tentu akan sangat mudah menemui minum minuman beralkohol yang dapat dengan mudah ditemui dan dibeli di dalam club malam. Selain itu kehidupan malam seperti ini akan membuat peluang terjadinya tindak kriminalitas semakin tinggi.

Nabi Muhammad telah menjelaskan bahwa semua hal-hal yg memabukkan itu diharamkan karena mengingat kemudoratannya lebih besar dampak bahanya dari pada kemanfaatannya

كُلُّ مُسْكِرٍخَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍحَرَامٌ.

إِنَّما يُريدُالشَّيطٰنُ أَن يوقِعَ بَينَكُمُ العَدٰوَةَ وَالبَغضاءَ فِى الخَمرِوَالمَيسِرِوَيَصُدَّكُم عَن ذِكرِاللَّهِ وَعَنِ الصَّلوٰةِ فَهَل أَنتُم مُنتَهونَ(Almaidah:91) .

"Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)."

D.    Perilaku seks di luar pernikahan

Masa remaja tentu sangat identik dengan perkembangan yang terjadi di dalam tubuh seseorang, Baik itu perkembangan dalam hal pola pikir, fisik, moral, dan juga emosi dari orang tersebut. Seorang yang telah menginjak usia remaja tentu memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar akan hal baru yang belum dialaminya.

Seiring dengan bertambahnya usia, organ reproduksipun mengalami perkembangan dan pada akhirnya akan mengalami kematangan. Kematangan organ reproduksi dan perkembangan psikologis remaja yang mulai menyukai lawan jenisnya serta arus media informasi baik elektronik maupun non elektronik akan sangat berpengaruh terhadap perilaku seksual remaja tersebut.

Salah satu masalah yang sering terjadi di kalangan remaja saat ini yaitu kehamilan yang terjadi pada remaja putri di luar pernikahan. Hal ini akan membuat remaja tersebut hilang arah tujuan hidupnya apalagi jika dia masih duduk di bangku sekolah tentu akan membuat masa depannya suram. Selain kehamilan, perlu diketahui seks bebas merupakan salah satu penyebab utama dari virus HIV / AIDS yang dapat digolongkan dalam penyakit yang mematikan.

Hubungan suami istri yang dilakukan para remaja tanpa ada ikatan pernikahan seakan sudah menjadi hal yang sangat lazim sekarang ini. Meskipun kebebasan bergaul dalam dunia remaja tentu sangat diperlukan agar individu tersebut tidak menjadi kuper atau kurang pergaulan namun apabila sampai terjadi hubungan intim yang terjadi antara remaja pria dan remaja wanita tentu akan sangat merusak moral generasi penerus bangsa Indonesia.

E.     Narkoba

Masalah yang satu ini juga tidak kalah seriusnya dengan masalah seks pada remaja di atas. Di Indonesia sendiri obat-obatan terlarang atau narkoba dikonsumsi hampir 50 % oleh kaum remaja. Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang memang memiliki dampak negatif yang sangat banyak bagi tubuh si penggunanya, narkoba sudah kita ketahui bersama bagaimana dampak bahayanya. Narkoba dapat merusak jiwa dan akal seseorang. Berbagai efek berbahaya sudah banyak dijelaskan oleh pakar kesehatan. Begitu pula mengenai hukum penggunaan narkoba telah dijelaskan oleh para ulama madzhab sejak masa silam.

Para ulama sepakat haramnya mengkonsumsi narkoba ketika bukan dalam keadaan darurat. Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Narkoba sama halnya dengan zat yang memabukkan diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. Bahkan setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi walau tidak memabukkan” (Majmu’ Al Fatawa, 34: 204).

Ø  Dalil-dalil yang mendukung haramnya narkoba:

1.      Allah Ta’ala berfirman,
وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
2.      Allah Ta’ala berfirman
وَلَاتُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَة

Ø  Cara Agar Terhindar Dari Dampak Negatif Kehidupan Remaja

Kehidupan remaja sekarang ini sangatlah identik dengan hal-hal yang berbau negatif sehingga apabila seorang individu tidak memiliki cara dan strategi yang baik dalam bergaul tentu akan terjerumus ke dalamnya. Dampak negatif yang terjadi tentu juga akan sangat berimbas dan berpengaruh besar terhadap masa depan dari individu tersebut.

Pengaruh lingkungan yang memang menjadi lapangan penting dalam pembentukan pribadi seorang individu menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Apabila seorang individu yang berada di lingkungan yang berbasis Islami atau dikategorikan dalam lingkungan yang baik, mungkin tidak akan menjadi masalah besar untuk bergaul dan beradaptasi dengan baik di lingkungan tersebut. Selain itu lingkungan yang baik tentu akan membawa dampak yang baik pula terhadap individu tersebut.

Namun ada juga lingkungan yang kurang baik yang akan berakibat buruk kepada individu yang kurang memiliki konsep atau pendirian hidup yang kuat. Hal ini sebenarnya dapat dicegah agar individu tersebut tidak ikut terjerumus karena pengaruh dari luar dirinya yang akan membuat dirinya menjadi remaja yang negatif.

Ø  Cara yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahannya antara lain :

1.      Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Inilah hal terpenting agar kita sebagai individu termasuk individu remaja khususnya agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT dalam segala hal. Baik dalam kesehatan, keselamatan, dan juga agar terhindar dari hal-hal negatif.

2.      Selalu menyebut nama Allah sebagaimana yang diajarkan nabi kepada sayyidina ali sewaktu beliau bertanya tantang amalan apa yang paling mendekatkan diri kepada Allah dan mudah untuk dilakuakan dan paling banyak keutamaannya? Beliau menjawan sebut-sebutlah nama allah.

وعن علي كرم الله وجهه : قلت يا رسول الله أي الطرق أقرب إلى الله وأسهلها على عباد الله وأفضلها عند الله تعالى؟ فقال ياعلي : عليك بمداومة ذكر الله, فقال علي : كل الناس يذكرون الله, فقال صلى الله عليه وسلم : يا علي: لا تقوم الساعة حتى لا يبقى على وجه الأرض من يقول الله, فقال له علي : كيف أذكر يا رسول الله؟ فقال له صلى الله عليه وسلم : غمض عينيك واسمع مني ثلاث مرات ثم قل مثلها وأنا أسمع, فقال صلى الله عليه وسلم : لا إله إلا الله ثلاث مرات مغمضا عينيه, ثم قالها علي كذالك [إيقاظ الهمم في شرح الحكم ]۱۲۱

3.      Bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memiliki sifat selalu bersama dengan makhluk-Nya, merupakan perkara yang sudah jelas berdasarkan al Qur`an, Sunnah dan Ijma’ para salaf.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَهُوَمَعَكُمْ أَيْنَمَاكُنْتُمْ
Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. [al Hadid/57:4].

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ

4.      Memilih teman

Ini bukan berarti seorang individu remaja harus memilih-milih dengan siapa dia akan berteman. Memilih teman yang dimaksudkan disini adalah bagaimana dia dapat mengkategorikan temannya yang baik dan mana yang buruk sehingga dia juga dapat meminimalisir hal-hal negatif yang dapat membuatnya terjerumus.

5.      Selalu berperilaku sopan

Berperilaku sopan terhadap siapapun akan membuat anda di cap sebagai orang yang baik. Menurut saya sendiri bahwa orang yang sudah di cap sebagai orang yang baik tentu akan membuat orang lain yang akan mempengaruhi menjadi lebih berpikir.

وقال الله تعالى "يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا" [الأحزاب۷۰ – ۷۱]

6.      Memiliki prinsip hidup yang kuat sebagai orang baik

Prinsip hidup sebagai orang baik memang sangat perlu dimiliki jika ingin menjadi seorang individu yang baik. Remaja yang baik seharusnya sudah memiliki rencana dan prinsip bagaimana dia akan melangkah ke depannya sehingga akan membuat dirinya selalu berjalan di arah yang baik. Prinsip hidup ini tidak hanya harus dimiliki tetapi juga harus dipegang erat oleh individu tersebut.

Oleh: Ali Imron

Agustus 10, 2018

,





Episode Terakhir

Mesir berhasil dibebaskan dengan perdamaian, tak ada tumpah darah di situ. Memang ekpedisi kali ini bahasanya bukan penaklukkan tapi lebih pada pembebasan. Kedatangan pasukan Islam diterima dengan tangan terbuka oleh Muqauqis, ayahanda putri Armanusyah yang tak lain adalah raja Qibthi Mesir pada saat itu. Karena memang Mesir pada saat itu  sedang berada dalam cengkraman dua kerajaan besar dan adidaya yang menjajah Negeri ini, perbudakan terhadap rakyatnya dan penindasan yang dahsyat, yaitu Imperium persi dan Romawi.

Hampir semua wilayah di Mesir waktu itu berhasil dikuasai oleh Umat Islam. Beberapa kota yang masih dalam kekuasaan Romawi, diantaranya Alexandria, kota yang subur dan indah dengan keindahan laut mediterania yang mengelilinginya.

Sedangkan Maria, gadis cantik itu selama ini terus mencari tau kabar tentang Amr bin Ash, sang Amir, sang pembebas, penakluk negaranya dan juga hatinya. Gadis keturunan bangsa Yunani itu tidak lagi peduli terhadap kondisi tubuhnya yang semakin mengenaskan, membiarkan tubuhnya kurus kerontang, mungkin karena digerogoti oleh cinta yang sepihak, lalu mengatas namakan kesetiaan.

Amr baginya bagaikan kota raja yang dikelilingi benteng-benteng besar, sedangkan dirinya hanyalah seorang sipil yang jauh dari perkotaan. Bagaikan fatamorgana bagi si lumpuh ditengah padang sahara yang gersang.  Membunuhnya dua kali, terbunuh karena kehausan dan harapan yang tak bisa di gapai. Atau mungkin bagai sebuah rindu yang tak tersampaikan? Ah, bukan,  itu bukanlah sebuah perumpamaan tapi itu memanglah kenyataan.

Terjadi gejolak perang di hatinya antara dua perasaan yang bertolak belakang; si Rindu dan si tidak mampu. Siapa yang menang? Siapapun yang menang, dua-duanya sama sama tidak baik bagi kesehatan.

Melihat kondisi sahabatnya yang seperti itu, Puteri Armanusyah tak kuasa menahan haru. Dia mengerti apa yang dirasakan oleh sahabatnya itu, kondisinya sama dengan kondisi dirinya yang sekeping hatinya telah dicuri oleh seorang pemuda dari Romawi. Setelah semalaman dia menemani Maria, mencari solusi dari rasa yang menekannya, akhirnya Maria memutuskan untuk menulis surat untuk Amr bin Ash, si Amir hatinya untuk mengungkapkan apa yang selama ini terbendung, mencurahkan perasaannya yang sebabnya keindahan duniawi di matanya sudah lama teerkubur. Tak peduli apa yang akan terjadi, dengan mengungkapkan setidaknya beban telah terkurangi.

Sedangkan Amr pada waktu itu sedang dalam perjalanan ekspedisi penaklukkan Alexandria yang masih dalam kekuasaan Romawi. Ditengah perjalan dia beserta rombongannya mendirikan Fushthath (tenda) untuk melindungi dari dinginnya udara padang pasir di waktu malam, dan panasnya matahari saat siang.

Setelah beberapa hari dan  merasa cukup istirahat, Amr memerintahkan pasukannya untuk segera bergegas melanjutkan perjalanan dan membongkar tenda-tenda yang telah didirikan.  Namun ketika hendak membongkar tenda sang Amir, mereka menemukan diatas tenda tersebut seekor merpati bersarang sedang mengerami telurnya. Melihat itu, Amr memerintahkan untuk tidak membongkar tendanya dan berkata: “dia adalah makhluk yang dimulliakan, makhluk yang pernah dikirimkan Allah untuk menyelamatkan Rasulullah dan Abu Bakar. Biarkan tenda ini jangan di bongkar sampai dia menetaskan telurnya dan mulai terbang”.

Kabar tentang merpati di atas tenda sang Amiir itu kemudian menjadi tranding topik  hingga ke pelosok negeri. Sampai akhirnya Maria mendengar kabar tersebut dan menyuruh seorang untuk mengirimkan suratnya yang di beri judul:

على فسطاط الأمير يمامة جاثمة تحضن بيضها
“merpati mengeram diatas tenda sang Amir”

على فسطاط الأمير يمامة جاثمة تحضن بيضها
لوسئلت عن هذا البيض لقالت: هذا كنزي
هي كأهنأ امرأة ملكت ملكها من الحياة ولم تفتقر
هل أكلّف الوجود شيئا إذا كلّفته  رجلا واحدا أحبه !

Diatas tenda sang Amir (pemimpin) induk merpati sedang mengerami telurnya
Seandainya ditanya tentang telur itu maka dia akan berkata: ini adalah hartaku
Dia seperti perempuan yang sangat bahagia, yang bebas memilih istananya dimana saja
Apakah  berlebihan, jika ku tuntut satu saja laki-laki yang ku cintai?
-
على فسطاط الأمير يمامة جاثمة تحضن بيضها
الشمس والقمر والنجوم كلها أصغر في عينها من هذا البيض
هي كأرقّ امرأة عرفت الرقة مرتين: في الحب والولادة
هل أكلّف الوجود شيئا كثيرا إذا أردت أن يكون كهذه اليمامة!

Diatas tenda sang amir induk merpati sedang mengerami telurnya
Dibandingkan telurnya, Matahari, Bulan, dan bahkan Bintang-bintang semuanya tampak kecil dimatanya
Dia seperti perempuan yang sangat lembut hatinya. Lembut terhadap dua hal, cinta dan keturunannya.
Apakah belebihan jika ku berharap menjadi seperti induk merpati ini?
-
على فسطاط الأمير يمامة جاثمة تحضن بيضها
تقول اليمامة: إن الوجود يحب أن  يُرى بلونين في عين الأنثى:
مرة حبيبا كبيرا في رجلها, و مرة حبيبا صغيرا في  أولادها
كل شيء خاضع لقانونه, والأنثى لا تريد أن تخضع إلا لقانونها

Diatas tenda sang Amir induk merpati sedang mengerami telurnya
Merpati itu berkata: dimata seorang perempuan, dari segala wujud yang paling ia cintai hanyalah dua hal: kekasih dan buah hatinya.
Semua orang bisa tunduk dibawah perintahnya (Amr), tapi wanita mempunyai undang-undang sendiri.
-
أيتها اليمامة! لم تعرفي الأمير وترك لك فسطاطة!
هكذا الحظ: عدل مضاعف في ناحية، وظلم مضاعف في ناحية أخرى
احمدي الله أيتها اليمامة، أن ليس عندكم لغات و أديان
عندكم فقط: الحب و الطبيعة والحياة

Wahai Merpati! Engkau tidak mengenal sang Amir, tapi dia meninggalkan tendanya untukmu.
Seperti itulah ketentuan: kadang adil disatu sisi dan dzalim terhadap sisi yang lain.
Bersyukurlah wahai merpati! Karena engkau tidak punya bahasa dan agama (yang menjadi sekat pemisah antara aku dengannya)
Kau hanya punya cinta, keinginan dan bebasnya kehidupan.
-
على فسطاط الأمير يمامة جاثمة تحضن بيضها
يمامة سعيدة ستكون في التاريخ كهدهد سليمان
نسب الهدهد إلىى سليمان، وستنسب اليمامة إلى  عمرو
واها لك يا عمرو! ما ضرّ لو عرفت "اليمامة الأخرى".

Diatas tenda sang Amir induk merpati sedang mengerami telurnya
Merpati yang sedang berbahagia, yang kelak akan dikenang seperti Hud-hudnya Sulaiman
Hud-hud yang dilekatkan pada Sulaiman  dan Yamamah (merpati) yang dilekatkan pada Amr
Betapa mengagumkan engkau wahai Amr!
Sungguh tak dapat kubayangkan apa yang akan  terjadi padaku, jika nanti disana kau bertemu lagi dengan “Merpati” dalam bentuk yang lain (wanita).

-MARIA QIBTHIYAH-
Sebuah surat yang mungkin berisi sebagian kecil perasaannya, ditulisnya sedemikian indahnya. Surat yang tersusun rapi dalam bentuk bait-bait puisi, ekologi sosialnya yanng sudah lama berlubang, semuanya seakan tersirat dalam surat yang ditulisnya. Surat yang berisikan cinta yang konstruktif terhadap iman dan destruktif terhadap perasaan. Retorika kalimat ke kalimat menunjukkan penguaaan bahasa yang mendalam, surat tersebut lebih pada melankoli hidupnya, rindu harapnya dan tangis sedihnya. Surat yang juga mengakhiri kisahnya dan kisah  ini.

Kisah ini sengaja tidak diberi ending karena tujuan menulisnya bukan untuk semata-mata mengisahkan cinta, tapi lebih pada hikmah dan filosofi didalamnya.

Semoga bermanfaat...

Oleh : Ahmad Mahfudz Arief

Sumber:Wahyul Qalam, karya Musthofa Shadiq Rafiie rahiahullah..
لله دره....


Agustus 08, 2018

,





Bismillahial-Rahman al-Rahiim

Doa kami untuk warga yang sedang tertimpa musibah di lombok utara, Mataram dan sekitarnya serta saudara kami yang berada di Bali, “Semoga senantiasa diberi kesabaran, keselamatan, dan tidak ada korban jiwa”.

Di tengah-tengah fenomena gempa bumi, beredar beberapa video para jamaah yang sedang melaksanakan salat. Ada jamaah yang tetap melanjutkan salatnya tanpa berhenti lalu keluar menyelamatkan diri, ada pula jamaah yang lari seketika untuk menyelamatkan dirinya.

Menurut kaca maca fikih, Apakah dalam kondisi demikian diperbolekan untuk berhenti untuk menyelamatkan diri ataukah tetap melanjutkan lalu membiarkan dirinya tertimpa reruntuhan bangunan?

Perlu diketahui bahwa salat merupakan ibadah murni yang diwajibkan kepada seluruh umat Islam sebanyak lima kali dalam sehari semalam. Salat fardhu -sebagaimana tuntunan al-Qur’an dan al-Sunnah- tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun, baik dalam kondisi sakit, peperangan, dan perjalanan. Namun demikian, dalam kondisi yang lain syariat memberi keringanan  (Rukhsah) kepada hambanya sesuai dengan situasi tertentu, seperti salat dengan kondisi duduk atau berbaring bagi yang tidak mampu, menggabungkan (jamak) atau memangkas (qasar) salat menjadi dua rakaat dalam salat yang mempunyai empat  rakaat bagi orang yang bepergian. Karenanya, orang yang meninggalkan salat dengan sengaja dan atau malas melakukannya dianggap dosa besar sekiranya wajib baginya untuk bertaubat atau diminta taubat.

Mengenai kasus memutuskan salat, di dalam kitab mausu’ahfiqhiyahkuwaitiyah disebutkan bahwa memutuskan salat dalam kaca mata fikih terbagi menjadi dua bagian :

Pertama : memutuskan salat tanpa sebab syar’i.

Artinya seseorang yang telah memulai dan masuk dalam kondisi salat yaitu tidak perkenankan untuk memutuskan salat tanpa adanya sebab syar’i yang mendorong untuk keluar dari salat. Sebab, hal ini dinilai mempermainkan  ibadah dan dianggap tidak serius dalam menghadap kepada Allah swt. Karenanya, al-Qur’an surat Muhammad : 33 menegaskan “agar sesekali tidak membatalkan ibadah (sebelum selesai).”

Kedua : memutuskan salat sebab syar’i.

Memutuskan salat ditengah-tengah salat diperbolehkan selama ada dorongan syar’i dan bersifat mendesak, seperti berhenti untuk membunuh ular sekiranya dapat membunuh dirinya atau orang lain, dikhawatirkan hartanya dicuri orang, menolong orang yang tenggelam, membangunkan orang tidur sekiranya dapat dijelma ular dan lain sebagainya.

Lebih spesifik lagi, Dr. WahbahZuhaili membagi “Qat’u Salah” ke dalam dua kategori hukum ; wajib dan boleh. Wajib memutuskan salat yaitu jika berada dalam kondisi darurat seperti membantu orang lain yang tenggalam, dan melihat orang lain dianiaya sementara dia mampu membantunya. Adapun yang diperbolehkan memutuskan salat yaitu jika terdapat udzursyar’i seperti hartanya dicuri orang, memasak masakan hingga terbakar, serta khawatir ditinggal oleh kelompoknya saat musafir, dll. (lihat Fiqhhul Islami Waadillatuhu. DrWahbahZuhaili. Juz 2/ 220).

Hal demikian senada dengan pernyataan syehal-Malibari dalam bukunya fathulMu’in yang kemudian dikomentari oleh Sayyid Abu Bakar bahwa wajib hukumnya mengakhirkan salat bagi seorang mushalli yang melihat orang lain tenggelam, membela atau menjaga diri, menjaga harta dan sejenisnya, meskipun (dikhawatirkan) keluar waktu salat, baik berupa salat isyak maupun lainnya. (lihat I’anahThalibin juz 1 hal. 191 dan Nihayatul Muhtaj juz 2/372). 

Adapun persoalan salat saat terjadi gempa yaitu sama dengan salat dalam kondisi darurat, dimana seorang mushalli boleh memutuskan salatnya untuk menyelamatkan diri bahkan berpotensi wajib jika dikhawatirkan merenggut nyawa, baru kemudian mengulangi salatnya kembali selama berada dalam waktu salat atau mengqadainya sepanjang waktunya telah keluar. Hal demikian semata-mata demi menjaga keselamatan dirinya dengan pertimbangan jika tetap melanjutkan salat dikhawatirkan terkena tumpukan bangunan yang pada akhirnya merenggut nyawa.

Dari sudut pandang maqashid syariah (tujuan Syariah) pula, Islam sangat menjaga dan menjujung tinggi jiwa manusia. Islam senantiasa menjaga umatnya agar berada di dalam jalur kehidupan yang nyaman dan damai. Hal ini karena jiwa merupakan anugerah mulia yang diberikan kepada umat manusia demi memenuhi kebutuhan hidup bersama. Karena itu pula tidak heran apabila Syeh Ali Jum’at mantan mufti Mesir mengedepankan unsur jiwa di dalam rumusan Maqashid syariah sebagai berikut  ; menjaga jiwa, akal, agama, keturunan dan harta. (lihat al-MadkhalIlaaDirasatial-Madzahibial-Fiqhiyah Hal. 393).

Dengan demikian dapat ditarik benang putih bahwa seorang mushalli diperkenankan memutuskan salat selama terdapat sebab syar’i dan bahkan wajib hukumnya jika dikhawatirkan dapat membunuh dirinya sendiri atau jiwa orang lain serta pula mengulangi salatnya selama masih berada di dalam waktu salat atau mengqada salatnya sepanjang telah keluar dari waktu salat. Wa Allahu A’lam.

 Muchtar Makin Yahya

Follow Us @soratemplates