Juli 24, 2018

Dimanakah Allah?







Dimanakah Allah ?
Oleh : M. Abdul Malikul Ngibad


Dengan menyebut nama Allah yang Maha Kuasa lagi Maha Sempurna, segala puja dan syukur tetap untuk-Nya. Sholawat beserta salam selalu tercurahkan kepada insan pilihan, Rasulullah Muhammad Saw. Alhamdulillah atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya kepada kita, sehingga kita dapat beraktivitas seperti sekarang ini dalam keadaan sehat sentosa.

Seiring berjalannya waktu, berjalan pula umur kita, berjalan pula sebuah zaman, dengan artian, zaman ini akan segera berakhir, dan mendekati kehancuran. Seperti yang banyak kita temui, akhir-akhir ini masih banyak orang yang bertanya tanya tentang keberadaan Allah SWT. Seperti pertanyaan yang pasti akan kita dengar dari bibir mungil anak-anak kita kelak, “Umi, abi, dimanakah Allah?”, bagaimana jawaban yg tepat untuk mereka? Kita dapat menjawab dengan bahasa yang mudah dipahami bahwa Allah SWT itu tidak seperti apa apa, dan tidak sama dengan siapa-siapa dan apa apa, seperti yang telah difirmankan dalam kitab-Nya :
ليس كمثله شيء وهو السميع البصير(الشورى : 11)
 Lalu, ketika umurnya sudah beranjak remaja, jelaskan pula bahwa tidak baik bahkan tidak boleh membayangkan Dzat Allah SWT khususnya keadaan dan bentuk dari Allah SWT. Karena ini merupakan sesuatu yang amat bahaya bagi iman kita, karena dianggap menyamakan Allah dengan mahluk-Nya. Selanjutnya jelaskan pula bahwa wujud Allah itu bisa kita rasakan melalui kekuasaan Allah dan tanda tanda Keagungan-Nya. Agar bertambah kadar keimanan kita terhadap Sang Khaliq.

            Adapun mengenai pertanyaan pertanyaan lain tentang haiah atau kondisi Allah sendiri, maka kita terangkan bahwa Allah bersifat :
واجب الوجود لايجوز عليه العدم
“Allah itu pasti ada dan tidak mungkin tidak ada “ 

وأن الغير ليس مؤثرا في وجوده تعالى, فلايعقل أن يؤثر في وجوده و صفاته الزمان و المكان

“Sesungguhnya segala jenis perubahan tidak berpengaruh terhadap wujud Allah  SWT. maka mustahil berubahnya waktu dan tempat mempengaruhi wujud Allah SWT

Bahkan, pertanyaan seperti diatas sesungguhnya kurang pantas diajukan, karena pada hakikatnya segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat ataupun waktu itu adalah sesuatu yang baru (hadistah), dan sesuatu yang baru adalah mahluk. Seperti langit, jika muncul pertanyaan “dimanakah langit?” jika dilihat dari sudut pandang manusia, maka jelas, bahwa langit itu diatas. Tetapi, jika dilihat dari sudut pandang langit itu sendiri, maka ia tetap ada dibawah, karena masih ada banyak sesuatu diatasnya.

            Para muslim dan mukmin, meyakini bahwa Allah SWT. itu Qaadim atau Dahulu, dengan artian dahulu yang tidak ada permulaannya atau dalam bahasa turatsnya
 هو عدم الأولية للوجود
Seperti dalam firman-Nya surat Al Hadid ayat 3  هو الأول dan seperti yang dikatakan baginda Nabi SAW:
 أنت الأول فليس قبلك شيء

Makna kalimat awwal disini adalah tidak ada sesuatu sebelumNya ataupun adanya sesuatu yang muncul bersamaan dengan-Nya. Dan sifat Qaadim Allah  juga termasukمخالفة الحوادث  dengan artian berbeda dengan mahluk secara keseluruhan sebagaimana yang telah disebutkan pada surat As Syuro ayat sebelas diatas dan dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’b :

يامحمد انسب لنا ربك فأنزل الله عز وجل (قل هو الله أحد, الله الصمد) قال : الصمد الذي (لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد) لأنه ليس شيء يولد إلا سيموت وليس شيء يموت إلا سيورث وأن الله لايموت ولايورث (ولم يكن له كفوا أحد) قال : لم يكن له شبيه ولا عدل و ليس كمثله شيء

Maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah SWT tidak boleh disamakan dan disifatkan dengan suatu keadaan (sifat mahluk). Dan jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan sifat dzat Allah SWT, maka pertanyaan tersebut adalah salah, karena dimana dan bagaimanapun sifat makhluk hanya pantas disandingkan kepada makhluk itu sendiri.

            Semoga apa yang kami tuliskan menjadikan pedoman dan tambahan wawasan bagi kami khususnya dan kepada pembaca sekalian umumnya, dan semoga menjadi manfaat bagi kita semua.

*Sumber dan referensi : Kitab Fatawa An-Nisaa Karangan Maulana Syeikh Nuruddin Ali Jum’ah

والله أعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates