Maret 16, 2020

,
Ahad, 15 Maret 2020 mengadakan silaturahmi bulanan yang disampuli dengan: 2 Dekade Bersama FOSIKBA, dengan tema: "Meneguhkan Spirit Kebersamaan". Acara ini ditempatkan di sekretariat FOSIKBA dan dimulai tepat pada jam 04.00 Clt.

Acara silaturahmi kali dikemas berbeda dari sebelumnya, yaitu mendatangkan para sesepuh FOSIKBA dari angkatan 2004 - 2010 guna menceritakan perjalanan FOSIKBA dari masa ke masa, di antaranya oleh Ust. Abdul Halim Lc., MA. Angkatan 2004, Ust. Khotibul Umam Lc. Angkatan 2007, Ust. Lukman Fayad Lc. dan Ust. Sutrisno Dahlan angkatan 2010.

Dari mereka semua memiliki kesan yang sama, yaitu makna solidaritas yang terus melekat pada diri FOSIKBA. Merangkul dan juga saling membantu dan munculnya rasa kepedulian kebersamaan.

"FOSIKBA yang saya kenal adalah rasa solidaritas tinggi yang sudah tertanam pada diri mereka. Semoga rasa ini semakin bertambah dan semakin bertambah lagi," tegas salah di antara mereka.

Selain itu, mereka mengingatkan akan kesehatan dan tetap akan tujuan belajar kita untuk berada di bumi para nabi ini. 

"Yang perlu diperhatikan adalah kesehatan dan ilmu. Apabila kita tidak sehat bagaimana kita akan fokus terhadap tujuan kita," pesan Ust. Khotibul Umam. 

Terlebih pada kasus wabah yang menyebar di seluruh dunia saat ini, yaitu corona. Mereka menghimbau untuk senantiasa hati-hati dan berdoa agar diselamatkan dari virus tersebut.

Cerita demi cerita yang mereka curahkan tidak lain untuk memberi semangat akan saling menjaga solidaritas antar anggota. Bukan untuk mempertahankan, akan tetapi untuk menjadi lebih bertambah dan semakin bertambah.

Pada acara terakhir ditutup dengan dengan doa yang dipimpin oleh Bukhori Muslim Lc.

Maret 10, 2020

,


Oleh: Abdurrohman Abdul Kholik

Manusia terdiri dari 2 unsur: jasad dan ruh. Hampir tidak ada yang menyangkal kenyataan ini. Dua-duanya butuh energi untuk bergerak, atau mudahnya, ia butuh makan. Jasad diciptakan dari tanah/bumi, maka jenis makanannya ada di sana. Tak usah saya beri tahu bagaimana manusia memberi makan jasadnya.

Manusia tidak diberi tahu banyak mengenai hakikat ruh. Ia hanya tahu setiap jasad manusia pasti ditopang oleh ruh. Jasad tidak berdiri sendiri. Ketika Allah berbicara ruh, ia menisbahkan pada zat-Nya. Jadi, jenis makanan yang dibutuhkan ruh kembali pada asalnya dari mana diturunkan.

Satu-satunya cara manusia memberi makan ruh dengan banyak merenung, menghayati keagungan Allah melalui ciptaan-Nya yang sangat indah dan teratur. Ruh ditugaskan oleh tuannya membantu manusia mencapai tujuan kehadirannya di persada ini.

Manusia tidak diciptakan dengan kesia-siaan. Allah menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di bumi.

Bagaimana ruh memainkan perannya? Itu mungkin bagian dari pertanyaan yang terlintas sementara orang. Jawabannya mudah sekali, khususnya kalian yang suka travelling. Coba ingat-ingat, ketika kalian sedang di taman, di hadapan hamparan bunga-bunga segar nan cantik. Mari ingat-ingat lagi, saat kalian berada di puncak gunung dengan udara sejuk dan pemandangan alam amat mempesona. Mari pasang lagi memori saat kalian di pantai, memandangi laut nan jauh di sana, terutama detik-detik mentari menyingsing di ufuk timur dan saat menjelang pulang menjemput malam. Indah bukan?

Saya tanya: apa yang kalian rasakan ketika itu? Tentu senang dan bahagia kan! Rasa itu menyusup pada jiwa kalian, tanpa kalian sadari dari mana ia datang. Aneh, bukan? Jika boleh saya kemukakan, saat itu ruh sedang memainkan perannya. Ia sedang mengajak kita berbicara untuk menggerakkan unsur yang paling berharga yang dimiliki manusia, ialah akal. Akal hanya diperuntukkan pada jenis makhluk Allah yang bernama manusia untuk digunakan sebagaimana mestinya, sebagai bentuk syukur atas anugerah-Nya. Ruh memulai percakapannya: “Itu loh, bunga-bunga yang super indah dengan semerbak bau harum, gunung-gunung yang kokoh, hamparan alam hijau, lautan dan seisinya serta pemanfaatannya, langit tinggi menjulang, matahari yang tak lelah menyinari bumi, tepat waktu pula. Taukah kamu siapa yang menciptaan itu semua?”

Ruh tak mampu berbuat banyak. Ibarat pesan WatsApp setelah ia terkirim, kemudian muncul centang dua warna biru pertanda pesan itu dibaca. Dibalas atau diabakan kembali pada personalnya.

Tiap manusia punya kemampuan berbeda-beda mendengar dan merespon percakapan dari ruh ini. Semakin sering ia diberi makan, semakin keras suaranya sehingga lebih mudah meresponnya. Sebaliknya, jika ia terabaikan suaranya menjadi lemah, dan mungkin saja suaranya tak terdengar sama sekali. Jika sudah begini, bagaimana mungkin mitra bicaranya mampu merespon. Sulit.

Jika ingin lebih lanjut mengetahui bagaimana para orang-orang hebat memberi perhatian khusus pada eksistensi ruh, dalam dunia sufi ada istilah dikenal dengan khalwat atau uzlah. Ketika ditelusuri lagi, ternyata tradisi khalwat ini, atau bahkan yang memulai terlebih dahulu adalah Nabi saw. Kitab-kitab sejarah mencatat: ketika beliau menginjak usia 40 tahun, ada dorongan kuat dari dalam dirinya untuk menjauh dari hiruk-pikuk kehidupan dunia.

Bukti lain pentingnya uzlah ini, tak asing bagi kawan-kawan yang memiliki tradisi kuat ziarah pada para wali dan ulama akan menjumpai jejak khalwatnya. Di komplek pemakaman Sidi Ibnu Athaillah, misalnya, setidaknya ada dua jejak khalwat wali besar pada zamannya: Sayyidah Nafisah dan Syekh Abdul Halim Mahmud.

Indikasi kuat bahwa uzlah ini diperuntukkan untuk ibadah zikir merenungi keagungan Maha Pencipta, dipilihnya tempat yang benar-benar jauh dari jangkauan orang-orang, di lereng gunung misalnya, seperti yang dilakukan Sayyidah Nafisah dan Syekh Abdul Halim Mahmud ini. Rasulullah pun demikian, memilih gua Hira’ sebagai tempat uzlahnya.

Pada gilirannya akan berkata, kebutuhan jasmani dan rohani harus sama-sama terpenuhi supaya kehidupan ini tetap berjalan baik. Ketangguhan fisik murni dibutuhkan karena kita seorang pekerja yang diamanahi tugas membangun dan memakmurkan bumi. Tak mengagetkan jika Nabi berkata: “Mukmin yang sehat lebih Allah cintai dari mukmin yang pesakitan.”

Kekuataan spritual menjadi penting, agar manusia tidak melalaikan tugasnya. Karena dalam jiwa manusia ada pontensi untuk lengah dan lalai terhadap kewajiban yang diembannya. “Dirikanlah salat (sebagaimana semestinya) untuk mengingatku,” demikian bunyi perintah Allah. Salat didirikan untuk mengingat Allah yang telah mengamanahkan aneka tugas pada hamba-Nya. Dengan demikian, dalam sehari mimimalnya 5 kali manusia wajib menghadap majikannya.

Maret 06, 2020

,
Dalam hidup pasti kita merasakan apa yang dinamakan cinta. Karena hal tersebut memang telah menjadi fitrah dan naluri setiap makhluk yang bernyawa—baik cinta pada sesama, bahkan cinta pada Sang Pencipta.

Berbicara cinta memang sudah tidak asing di telinga. Kata sederhana yang mudah diucap dan teramat sangat berat dalam pijak. Kalau kita melihat ungkapan Syekh al-Fadhil dalam kitab Qomi’ut al-Tughyan: “Ketika dikatakan kepadamu: apakah kamu mencintai Allah? Maka hendaklah engkau diam, karena jika kamu mengatakan 'tidak', maka kamu telah kufur. Namun jika kamu mengatakan ’iya’, maka kamu bukan termasuk orang-orang yang cinta (kepada Allah).”

Dari ungkapan Syekh al-Fadhil kita belajar tentang kehati-hatian serta nilai berharga dari pada cinta. Ia bukan hanya ucapan kosong melainkan perbuatan nyata.
Dan di kitab yang dikarang oleh Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Hatim bin Alwan menguatkan: "Barang siapa mengaku-ngaku atas tiga hal tanpa adanya tiga hal yang lain, maka ia dinilai berbohong. Pertama, barang siapa yang mengaku mencintai Allah namun tidak menjaga dirinya dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, maka ia telah berbohong. Kedua, barang siapa yang mengaku mencintai Nabi saw. tanpa mencintai orang-orang fakir, maka ia telah berbohong. Ketiga, barang siapa mengaku mencintai surga tanpa menginfakkan hartanya, maka ia telah berbohong.

Di sisi lain masih dalam kitab yang sama, Imam Sahl mengemukakan tentang cinta dan ciri-ciri orang yang bersangkutan, sebagai berikut:
"Ciri-ciri  orang yang cinta kepada Allah adalah cinta pada al-Qur’an. Ciri-ciri orang yang cinta al-Quran adalah cinta kepada nabi Muhammad saw. Ciri-ciri cinta Nabi Muhammad saw. adalah cinta pada Sunahnya. Ciri-ciri cinta pada sunah Nabi saw. adalah cinta pada akhirat. Ciri-ciri cinta akhirat adalah benci terhadap dunia dan ciri-ciri benci dunia adalah dengan tidak mengambil suatu yang berbau duniawi sebagai bekal untuk menuju akhirat.”

Dengan hati yang bersih, keberadaan cahaya iman menyebabkan setan takut mengelilinginya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda: "Jikalau setan-setan tidak mengelilingi hati anak-anak Adam, niscaya mereka dapat memandang alam Malakut yang tinggi." [HR. Ahmad]

Terlepas dari semua tulisan yang kebanyakan mengutip dari kitab Qomi’ut Tughyan ini, mari sama-sama kita intropeksi diri. Apakah cinta kita sudah benar-benar dikategorikan cinta atau hanya bual belaka. Sebab hanya dengan cinta yang sesungguhnya keindahan akan tercurah dengan seutuhnya.

Tabik,

Fath Rosi Ahmad

Maret 02, 2020

,
Tidak jarang kita dengar istilah mukjizat, namun sejauh mana kemampuan kita memahami istilah tersebut. Bahkan untuk merasionalkan pun sukar sekali karena memang kejadiannya di luar nalar. Satu-satunya mukjizat terbesar yang masih utuh keasliannya sampai saat ini adalah al-Qur'an. Disebut mukjizat terbesar karena al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia. Salah satu bukti lain bahwa al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar adalah Allah yang menurunkan al-Qur'an maka Allah yang menjaganya dari segala bentuk perubahan.


Al-Qur'an diturunkan sesuai dengan peristiwa yang terjadi pada masa Nabi atau ada pertanyaan yang sekiranya butuh jawaban, maka turunlah ayat al-Qur'an untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Turunnya wahyu secara berangsur-angsur serta penataan ayat dan surah dalam al-Qur'an yang tidak sesuai pasca awal turunnya bisa kita cari hikmah di balik penataan serta peletakan ayat-ayat dalam al-Qur'an. Apakah ada kesinambungan antar ayat sebelum dan sesudahnya atau antar surah sebelum dan sesudahnya. Hal ini disebut dengan ilmu Munāsabat Baina Suar wal Āyāt.

Ilmu Munasabat sendiri jarang disinggung oleh para mufassir karena saking detailnya ilmu tersebut, bagaimana mungkin al-Qur’an merupakan kalam ilahi,sudah barang tentu semua hal yang tercakup dan berhubungan dengan al-Quran ditetapkan oleh Allah SWT. Dari ketetapan itu pula para mufassir mencoba memahi dan membahas al-Quran dari berbagai aspek, sehingga tidak pernah berakhir untuk dibahas, sebagaimana ungkapan Syekh Abdullah Darraz: “Al-Qur’an itu bagaikan intan berlian, dipandang dari sudut manapun tetap memancarkan cahaya.” 

Sebelum lebih lanjut mengenal munasabat, alangkah baiknya jika kita mengetahui makna munasabat itu sendiri.
Munasabat secara etimologi berarti Musyākalah (keserupaan) dan Muqarabah (kedekatan). Secara terminologi Munasabat berarti korelasi antara ayat dan ayat atau surah dan surah—sebelum dan sesudahnya, karena adanya keserupaan atau kedekatan lafadz atau makna.

Di antara hikmah mengetahui ilmu munasabat adalah memahami makna al-Qur'an dan mempermudah untuk menafsirkan ayat sesuai dengan temanya. Ada banyak macam-macam musabat dalam al-Qur'an. Namun, saya cukupkan menyebutkan satu contoh. Saya pikir sangat menarik untuk dikemukakan, yaitu: munasabat antar awal surat dengan akhir surat yang sama.

Zamakhsyari berkata: "Allah Swt. mengawali surah al-Mukminun dengan ayat: قد أفلح المؤمنون dan mengakhiri dengan ayat: إنه لا يفلح الكافرون. Dalam surah Nun Allah Swt. memulai dengan ayat: ما أنت بنعمتك ربك بمجنون dan mengakhiri dengan ayat: إنه لمجنون. 

Dan juga pembandingan antar surah al-Kautsar dengan surah sebelumnya (al-Ma'un). Allah Swt. menyifati munafik dalam surah al-Ma’un dengan empat perkara, yaitu: al-Bukhl (kikir), Tarku as-Sālah (meninggalkan shalat), Riyā' (beramal karena orang lain) dan Man'u az-Zakāh (tidak bayar zakat). Allah bandingkan sifat kikir dengan ayat: إنا أعطيناك الكوثر. Orang yang meninggalkan salat dibandingkan dengan ayat: فصل. Sifat riya' dibandingkan dengan ayat: لربك. Dan orang yang tidak bayar zakat dibandingkan dengan ayat: وانحر dengan bersedekah daging kurban.

Dari contoh munasabat tersebut menunjukkan bahwa Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar dengan penataan ayat serta surahnya. Bukan sebatas asal meletakkan, melainkan atas perintah Allah Swt.  kepada nabi Muhammad Saw. Hal ini sesuai dengan riwayat Ustman bin Affan. Suatu hari turun sejumlah ayat kepada Rasulullah. Kemudian ia memanggil sekretarisnya dan berkata: "Letakkan ayat ini bersama dengan ayat itu, dan surah ini bersama surah itu." 

Artinya, peletakan atau penataan ayat-per-ayat dan surah-per-surah murni Tauqifi dari Allah Swt. Tidak ada campur tangan makhluknya. Rahasia keserasian antar ayat dan surah hanya diketahui bagi orang-orang yang belajar dan mendalami ilmu-ilmu al-Quran.

Tabik,

Dhaifil Ihsan

Februari 27, 2020

,

Saat pagi hari aku di rumah bertemu seorang nelayan, dengan membawa jaring yang dia taruh di atas pundaknya, dan terdapat ikan yang besar hasil tangkapan hari ini, dengan wajah penuh lelah dia mendatangiku sambil menawarkan ikannya kepadaku, tanpa saya tawar saya ambil ikan itu sesuai dengan harga yang dia pasang, sambil tersenyum dia mengambil uang dan berucap terimakasih sambil berkata “Ini baru pertama kalinya ada orang yang mau membeli dengan harga yang saya pasang, semoga kebaikan anda dibalas dengan kebaikan sebagaimana anda telah baik kepadaku, dan semoga Allah jadikan kebahagiaan dalam jiwa dan hartamu”. saya pun sangat bahagia dengan doa ini dan berharap pintu langit terbuka untuk mengabulkan doanya.
Heran dan takjub memenuhi hati ini, bagaimana dia bisa tahu suatu hakikat yang tidak banyak orang mengetahuinya yaitu "ada kebahagiaan jiwa" dan "ada kebahagiaan harta".

“Apakah ada kebahagiaan selain kebahagiaan harta?” tanyaku.
Diapun tersenyum sinis dan berkata ”seandainya kebahagiaan hanya terbatas dengan harta maka saya adalah orang paling menderita di dunia ini”.
“ Apa kau anggap dirimu bahagia?” tanyaku.
Dia menjawab “iya, karena aku selalu mencari rezekiku, kehidupanku bisa dibilang cukup, aku tak pernah merasa sedih karena kekurangan rezeki serta aku pun tak pernah mengemis di tengah kemegehan dunia. Kemudian dari pintu yang mana kesedihan dan kesengsaraan merasuki hati yang penuh dengan kebahagiaan?”.
“Apa kau sudah tidak waras! bagaimana kau anggap dirimu bahagia sedangkan kau berjalan tak beralas kaki, dengan baju yang bisa dikatakan kurang layak pakai, bagaimana bisa kau anggap dirimu bahagia?” jawabku mengingkari.
Dia menjawab” Jika kebahagiaan adalah tenangnya hati dan kebahagiaan jiwa, adapun kesedihan adalah sakit hati dan gundahnya jiwa, maka saya adalah orang yang paling bahagia, karena saya tidak pernah beranggapan bahwa pakayan kusut dan makanan seadanya adalah sebuah kesedihan dan kesengsaraan, dan jika ada kebahagiaan selain itu maka hanya itulah kebahagiaan yang saya tau”.
Aku pun membantah “Apa kau tidak sedih setiap kali melihat orang kaya? pakaian bagus, kendaraan mewah serta rumah megah, para pelayan serta makanan lezat yang setiap hari mereka santap, apakah kau tak merasakan perbedaan besar ini?”.
Dia menjawab “Semua hal itu adalah hal yang sangat sepele bagiku, saya fikir kebahagiaan mereka tidaklah berbeda dengan kebahagiaan yang saya dapatkan. Makanan? jika tujuan makan cuma untuk kenyang, rasanya tak pernah saya tidur dengan perut kosong, jika maksudnya memuaskan nafsu, maka saya gak makan kecuali dalam keadaan lapar, jadi semua makanan terasa lezat bagiku, kalau soal makan kita gak jauh beda lah. Rumah mewah?, saya punya gubuk kecil, saya tidak pernah merasa gubuk kecilku terasa sempit untukku, istri dan anak-anakku bahkan terasa begitu megah dengan kebahagiaan yang menyelimuti mereka. Kendaraan?, saya pemilik kendaraan termewah di dunia, saya punya dua kaki yang tiap hari saya langkahkan untuk mengais rezeki dan mendapat ridha ilahi. Jika mengenai liburan; maka saya adalah orang yang tiap hari berlibur, cukup dengan membawa kail dan umpan berangkat ke lautan luas yang biru, burung bangau serta pantai yang dikelilingi tanaman hijau ditambah dengan sinar emas mentari membuat hati terasa sejuk, pemandangan seperti ini saya lihat setiap hari dimana tidak semua orang dapat melihatnya, orang miskin berjalan sesuka hati mereka, bagaikan burung yang terbang bebas. Sedangkan orang kaya dimanapun mereka berada mereka selalu diawasi oleh mata orang-orang yang iri dan dengki. Serta sebelum mereka pergi kemanapun mereka tak lupa berdiri di depan cermin untuk memastikan penampilan mereka dan menutupi kepribadian mereka dengan penampilan penuh wibawa. setelah bercermin, mereka keluar dan bergerak dengan gerakan yang terbatas karena takut akan rusaknya penampilan mereka dan hancurnya wibawa mereka, meskipun mereka bebas sebenarnya mereka terkurung oleh penjara kewibawaan dan penampilan dan selalu diawasi oleh mata yang dipenuhi rasa iri dan dengki.

Seharian penuh saya berada di tengah lautan dan saya kembali dengan membawa hasil tangkapan untuk dijual di pasar, ketika menjelang malam saya kembai ke rumah dengan di sambut hangat oleh senyuman istri dan tawa anak-anakku. setelah menunaikan kewajibanku sebagai kepala keluarga segera ku tunaikan kewajibanku sebagai hamba, dan akupun tertidur pulas di atas tikar yang terasa seperti ranjang yang sangat empuk. Jujur saya tidak menerima jika dikatakan saya adalah orang yang menderita, karena sebenarnya saya adalah orang yang paling bahagia di dunia ini.

Mau tau perbedaan tipis antara diriku dan orang kaya, yaitu orang-orang tidak tunduk hormat padaku ketika aku lewat, dan mereka tidak pernah memperhatikanku ketika aku bersama mereka dan hal ini gak begitu penting bagiku, apa peduliku terhadap mereka? mau di perhatikan ataupun tidak selama tidak ada hubungan denganku dan tidak ada hubungan dengan kewajibanku sebagai hamba tidak ada pengaruhnya bagiku. Karena hubunganku yang sebenarnya adalah hubungan diantra diriku dan tuhanku, aku adalah hambaNya maka aku harus beribadah dan mengesakanNya. Terus terang hatiku tidak bisa menggabungkan keesaan Tuhan sedangkan di hatiku masih ada keagungan dari salah satu makhluknya.

Setiap kali aku keluar rumah, aku selalu membawa perasaan ragu akan kah aku akan kembali dengan membawa atau aku kembali dengan dibawa. Dunia ini ibarat lautan, dan manusia adalah ikannya, dan mailaikat maut adalah nelayan yang setiap waktu membawa kail, dan yang terpancing adalah orang yang dipilih untuk kembali kesisi tuhannya, dan orang yang selamat hari ini belum tentu selamat hari isok. Terus bagaimana mungkin aku bahagia dengan sesuatu yang bukan milikku. Bahagia terhadap titipan yang setiap saat bisa diambil kembali oleh pemiliknya. dan untuk apa saya berpegang terhadap sesuatu yang rapuh, kalau begitu maka aku adalah orang yang paling bodoh didunia.” penjelasan nelayan dengan panjang lebar.

Aku tercengang dan berbisik dalam hati “begitu bijak orang ini entah pendidikan apa yang dia lalui tapi dia menjelaskannya dengan panjang lebar. Aku iri terhadap kejernihan hati dan kebahagiaan dalam setiap detik kehidupannya” akupun melanjutkan pembicaraan “bapak! semua orang selalu mencari yang namanya kebahagiaan, tapi mereka tidak pernah mendapatkannya, sehingga mereka berkesimpulan bahwa, "kesedihan merupakan bagian dari kehidupan ini”.
Dia menjawab “Tidak!, secara fitroh manusia itu bahagia, tapi orang itu sendiri yang memasukkan kesedihan dalam jiwanya. Mereka memiliki hasrat untuk kaya sehingga mereka selalu beranggapan bahwa kaya itu merupakan suatu kebahagiaan, memiliki ambisi dan beranggapan bahwa mendapatkan apa yang dia inginkan merupakan haknya Sehingga ketika gagal mendapatkannya maka dia berdoa seakan-akan dia didzalimi dan direnggut haknya. Terlalu bahagia terhadap titipan sang pencipta, sehingga dia merasa bahwa itu adalah miliknya dan ketika diambil titipan itu dia beranggapan bahwa telah dirampas apa yang telah menjadi miliknya.

Sebenarnya kesedihan itu muncul dari dalam diri kita sendiri, ketika hati kita tidak dihiasi dengan kebaikan maka kegelapan akan merasukinya dan timbullah sikap iri yang selalu menyakiti pemiliknya, dan timbullah sifat tamak, yang semakin hari semakan melukai hati. Serta timbullah penyakit dengki yang tiap hari menusuk hati kita. maka siapapun yang ingin mencari kebahagiaan maka carilah didalam dirinya”.

Tak terasa obrolan kami sudah sangat jauh. Kemudian sang nelayan mengambil tongkatnya dan berucap “sampai ketemu lagi tuan, saya doakan kamu dengan doa yang saya sukai semoga Allah jadikan kebahagiaan di dalam jiwamu sebagaimana kebahagiaan di dalam hartamu, assalamu alaikum!”
kisah diambil dari kitab al-nadzarat lilmanfaluthi

Tabik;

Khoirut Tuqo


Follow Us @soratemplates