Februari 27, 2020

Nelayan yang Bijak


Saat pagi hari aku di rumah bertemu seorang nelayan, dengan membawa jaring yang dia taruh di atas pundaknya, dan terdapat ikan yang besar hasil tangkapan hari ini, dengan wajah penuh lelah dia mendatangiku sambil menawarkan ikannya kepadaku, tanpa saya tawar saya ambil ikan itu sesuai dengan harga yang dia pasang, sambil tersenyum dia mengambil uang dan berucap terimakasih sambil berkata “Ini baru pertama kalinya ada orang yang mau membeli dengan harga yang saya pasang, semoga kebaikan anda dibalas dengan kebaikan sebagaimana anda telah baik kepadaku, dan semoga Allah jadikan kebahagiaan dalam jiwa dan hartamu”. saya pun sangat bahagia dengan doa ini dan berharap pintu langit terbuka untuk mengabulkan doanya.
Heran dan takjub memenuhi hati ini, bagaimana dia bisa tahu suatu hakikat yang tidak banyak orang mengetahuinya yaitu "ada kebahagiaan jiwa" dan "ada kebahagiaan harta".

“Apakah ada kebahagiaan selain kebahagiaan harta?” tanyaku.
Diapun tersenyum sinis dan berkata ”seandainya kebahagiaan hanya terbatas dengan harta maka saya adalah orang paling menderita di dunia ini”.
“ Apa kau anggap dirimu bahagia?” tanyaku.
Dia menjawab “iya, karena aku selalu mencari rezekiku, kehidupanku bisa dibilang cukup, aku tak pernah merasa sedih karena kekurangan rezeki serta aku pun tak pernah mengemis di tengah kemegehan dunia. Kemudian dari pintu yang mana kesedihan dan kesengsaraan merasuki hati yang penuh dengan kebahagiaan?”.
“Apa kau sudah tidak waras! bagaimana kau anggap dirimu bahagia sedangkan kau berjalan tak beralas kaki, dengan baju yang bisa dikatakan kurang layak pakai, bagaimana bisa kau anggap dirimu bahagia?” jawabku mengingkari.
Dia menjawab” Jika kebahagiaan adalah tenangnya hati dan kebahagiaan jiwa, adapun kesedihan adalah sakit hati dan gundahnya jiwa, maka saya adalah orang yang paling bahagia, karena saya tidak pernah beranggapan bahwa pakayan kusut dan makanan seadanya adalah sebuah kesedihan dan kesengsaraan, dan jika ada kebahagiaan selain itu maka hanya itulah kebahagiaan yang saya tau”.
Aku pun membantah “Apa kau tidak sedih setiap kali melihat orang kaya? pakaian bagus, kendaraan mewah serta rumah megah, para pelayan serta makanan lezat yang setiap hari mereka santap, apakah kau tak merasakan perbedaan besar ini?”.
Dia menjawab “Semua hal itu adalah hal yang sangat sepele bagiku, saya fikir kebahagiaan mereka tidaklah berbeda dengan kebahagiaan yang saya dapatkan. Makanan? jika tujuan makan cuma untuk kenyang, rasanya tak pernah saya tidur dengan perut kosong, jika maksudnya memuaskan nafsu, maka saya gak makan kecuali dalam keadaan lapar, jadi semua makanan terasa lezat bagiku, kalau soal makan kita gak jauh beda lah. Rumah mewah?, saya punya gubuk kecil, saya tidak pernah merasa gubuk kecilku terasa sempit untukku, istri dan anak-anakku bahkan terasa begitu megah dengan kebahagiaan yang menyelimuti mereka. Kendaraan?, saya pemilik kendaraan termewah di dunia, saya punya dua kaki yang tiap hari saya langkahkan untuk mengais rezeki dan mendapat ridha ilahi. Jika mengenai liburan; maka saya adalah orang yang tiap hari berlibur, cukup dengan membawa kail dan umpan berangkat ke lautan luas yang biru, burung bangau serta pantai yang dikelilingi tanaman hijau ditambah dengan sinar emas mentari membuat hati terasa sejuk, pemandangan seperti ini saya lihat setiap hari dimana tidak semua orang dapat melihatnya, orang miskin berjalan sesuka hati mereka, bagaikan burung yang terbang bebas. Sedangkan orang kaya dimanapun mereka berada mereka selalu diawasi oleh mata orang-orang yang iri dan dengki. Serta sebelum mereka pergi kemanapun mereka tak lupa berdiri di depan cermin untuk memastikan penampilan mereka dan menutupi kepribadian mereka dengan penampilan penuh wibawa. setelah bercermin, mereka keluar dan bergerak dengan gerakan yang terbatas karena takut akan rusaknya penampilan mereka dan hancurnya wibawa mereka, meskipun mereka bebas sebenarnya mereka terkurung oleh penjara kewibawaan dan penampilan dan selalu diawasi oleh mata yang dipenuhi rasa iri dan dengki.

Seharian penuh saya berada di tengah lautan dan saya kembali dengan membawa hasil tangkapan untuk dijual di pasar, ketika menjelang malam saya kembai ke rumah dengan di sambut hangat oleh senyuman istri dan tawa anak-anakku. setelah menunaikan kewajibanku sebagai kepala keluarga segera ku tunaikan kewajibanku sebagai hamba, dan akupun tertidur pulas di atas tikar yang terasa seperti ranjang yang sangat empuk. Jujur saya tidak menerima jika dikatakan saya adalah orang yang menderita, karena sebenarnya saya adalah orang yang paling bahagia di dunia ini.

Mau tau perbedaan tipis antara diriku dan orang kaya, yaitu orang-orang tidak tunduk hormat padaku ketika aku lewat, dan mereka tidak pernah memperhatikanku ketika aku bersama mereka dan hal ini gak begitu penting bagiku, apa peduliku terhadap mereka? mau di perhatikan ataupun tidak selama tidak ada hubungan denganku dan tidak ada hubungan dengan kewajibanku sebagai hamba tidak ada pengaruhnya bagiku. Karena hubunganku yang sebenarnya adalah hubungan diantra diriku dan tuhanku, aku adalah hambaNya maka aku harus beribadah dan mengesakanNya. Terus terang hatiku tidak bisa menggabungkan keesaan Tuhan sedangkan di hatiku masih ada keagungan dari salah satu makhluknya.

Setiap kali aku keluar rumah, aku selalu membawa perasaan ragu akan kah aku akan kembali dengan membawa atau aku kembali dengan dibawa. Dunia ini ibarat lautan, dan manusia adalah ikannya, dan mailaikat maut adalah nelayan yang setiap waktu membawa kail, dan yang terpancing adalah orang yang dipilih untuk kembali kesisi tuhannya, dan orang yang selamat hari ini belum tentu selamat hari isok. Terus bagaimana mungkin aku bahagia dengan sesuatu yang bukan milikku. Bahagia terhadap titipan yang setiap saat bisa diambil kembali oleh pemiliknya. dan untuk apa saya berpegang terhadap sesuatu yang rapuh, kalau begitu maka aku adalah orang yang paling bodoh didunia.” penjelasan nelayan dengan panjang lebar.

Aku tercengang dan berbisik dalam hati “begitu bijak orang ini entah pendidikan apa yang dia lalui tapi dia menjelaskannya dengan panjang lebar. Aku iri terhadap kejernihan hati dan kebahagiaan dalam setiap detik kehidupannya” akupun melanjutkan pembicaraan “bapak! semua orang selalu mencari yang namanya kebahagiaan, tapi mereka tidak pernah mendapatkannya, sehingga mereka berkesimpulan bahwa, "kesedihan merupakan bagian dari kehidupan ini”.
Dia menjawab “Tidak!, secara fitroh manusia itu bahagia, tapi orang itu sendiri yang memasukkan kesedihan dalam jiwanya. Mereka memiliki hasrat untuk kaya sehingga mereka selalu beranggapan bahwa kaya itu merupakan suatu kebahagiaan, memiliki ambisi dan beranggapan bahwa mendapatkan apa yang dia inginkan merupakan haknya Sehingga ketika gagal mendapatkannya maka dia berdoa seakan-akan dia didzalimi dan direnggut haknya. Terlalu bahagia terhadap titipan sang pencipta, sehingga dia merasa bahwa itu adalah miliknya dan ketika diambil titipan itu dia beranggapan bahwa telah dirampas apa yang telah menjadi miliknya.

Sebenarnya kesedihan itu muncul dari dalam diri kita sendiri, ketika hati kita tidak dihiasi dengan kebaikan maka kegelapan akan merasukinya dan timbullah sikap iri yang selalu menyakiti pemiliknya, dan timbullah sifat tamak, yang semakin hari semakan melukai hati. Serta timbullah penyakit dengki yang tiap hari menusuk hati kita. maka siapapun yang ingin mencari kebahagiaan maka carilah didalam dirinya”.

Tak terasa obrolan kami sudah sangat jauh. Kemudian sang nelayan mengambil tongkatnya dan berucap “sampai ketemu lagi tuan, saya doakan kamu dengan doa yang saya sukai semoga Allah jadikan kebahagiaan di dalam jiwamu sebagaimana kebahagiaan di dalam hartamu, assalamu alaikum!”
kisah diambil dari kitab al-nadzarat lilmanfaluthi

Tabik;

Khoirut Tuqo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates