April 16, 2015

Wanita Layaknya Permata


Oleh; Achmadi Mubarok, Lc

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” Q.S 3:14

Kalau kita membaca ayat di atas maka kita akan menemukan kata zuyyina berasal dari kata zinah, kata ini memiliki arti hiasan, hiasan adalah sesuatu yang dianggap indah dan baik. Namun sesuatu yang indah bagi kita belum tentu indah bagi orang lain.

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa wanita termasuk salah satu hiasan duniawi bagi manusia. Bahkan ayat ini diperkuat oleh hadis Nabi, “Dunia itu adalah perhiasan, sebaik-baiknya perhiasan duniawi adalah wanita salehah, apabila suami memandangnya, wanita itu membuatnya senang, apabila suaminya memerintahnya dia mentaatinya dan apabila suaminya jauh darinya dia menjaga dirinya dan harta suaminya.”  Lalu benarkah wanita diciptakan oleh Allah Swt, hanya sebatas hiasan yang menghiasi lawan jenisnya saja.? 

Jawaban yang paling pas tentuntanya tidak. Karena sebenarnya antara lelaki dan wanita saling membutuhkan satu sama lain, wanita butuh lelaki begitu pula sebaliknya, juga keduanya sama-sama memiliki keistimewaan dan peran yang berbeda. Apa nasib laki-laki apabila tidak ada wanita.? Tentunya dia selalu ditemani kesepian dan kesunyian, bahkan lebih parah dari itu, manusia pertama, Nabi Adam A.S. akan musnah dengan sendirinya tanpa keturunan. Sungguh tidak terbayangkan andai saja wanita tidak terlahir di muka bumi ini. Apa yang akan terjadi.? Jangan khawatir kawan-kawan semua ini hanya pikiran liar saja. Pada kenyataanya wanita itu ada. Hahaha………..

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa dalam ayat ini Allah Swt. Menjelaskan tentang apa yang menjadi hiasan bagi manusia di kehdupan duniawi, yaitu: wanita, anak laki-laki, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, sawah dan ladang. Lalu Allah mengawali hal tersebut dengan kata wanita, karena wanita merupakan cobaan yang paling berat bagi seorang laki-laki, sebagaimana pejelasan Rasulullah SAW. Dalam hadisnya, “Aku tidak meninggalkan cobaan yang lebih membahayakan bagi laki-laki dari pada perempuan.”  Oleh karena itu, waspadalah kawan-kawan dari tipu muslihat wanita. Betul ya kawan!  wanita itu sungguh menggoda.? Hahaha……

Kita tidak boleh meremehkan wanita dan menganggapnya rendah. Jangan seperti orang-orang dulu yang menganggap wanita rendah, wanita hanyalah pemuas nafsu saja. Bahkan mereka merasa malu jika dianugrahi seorang anak perempuan, dan tidak segan-segan mereka membunuhnya, karena rasa malu yang menguasai jiwa mereka seperti yang tergambar dalam firman Allah Swt.
“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan Dia sangat marah.” (An-Nahl: 58-59)

Dalam Islam wanita sangatlah mulia, mari kita lihat betapa mulianya seorang ibu, ibu adalah wanita yang melahirkan kita, yang membesarkan kita dan yang mendidik kita. Maka kita tidak heran dengan hadis Nabi, “Surga berada di bawah telapak kaki ibu.” Karena ibu mempunyai peranan penting terutama bagi anak-anaknya. Bahkan sekh Ali Gumah mengatakan bahwa cinta yang hakiki adalah cinta seorang ibu terhadap anaknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates