Desember 02, 2016

Pentingnya Pengakuan Guru


Salah satu ulama jawa timur indonesia tepatnya di daerah lirboyo kediri, KH. ABD KARIM namanya, sempat berwasiat kepada keluarganya beberapa hari sebelum wafat “doa kan aku supaya di akui jadi santrinya kiyai KHOLIL bangkalan”  hal ini merupakan hal yg tidak lumrah untuk kalangan kita, biasanya wasiat seseorang ketika mendekati kematian ialah minta di doakan agar dosa-dosanya di ampuni sekaligus amal-amal baiknya d terima oleh allah.

Sebenarnya dawuh beliau (KH.ABD KARIM-red) mengajarkan kepada keluarganya akan pentingnya pengakuan dari guru beliau  (KH.KHOLIL bangkalan-red). Siapa yang tidak mengenal SYAIKHONA MOH KHOLIL yang mencetak santri-santri yang menjadi ulama’  luar biasa. Diantaranya pendiri organisasi islam NAHDLATUL ULAMA’ sekaligus pendiri pondok pesantren tebuireng jombang, KH. HASYIM ASY’ARI, Pendiri pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukerejo situbondo KH. AS’AD SYAMSUL ARIFIN. Pendiri pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata KH. ABD MAJID, pengasuh pondok pesantren Banyuanyar KH. ABD HAMID BAKIR Dan ULAMA-ULAMA yg lain. Maka tak heran banyak murid-muridnya yg ingin diakui menjadi santrinya beliau salah satunya KH. ABD KARIM, karena dengan adanya pengakuan dari gurunya, beliau sudah menjadi salah satu anggota dari rombongannya. Karena sebenarnya seorang guru dengang muridnya diibaratkan dg rombongan menuju jalan yg di ridloi ALLAH SWT (surga), sebab Jika kita misalnya berjalan sendirian menuju jalan-NYA tanpa adanya rombongan niscaya hal itu akan sulit dan bisa saja membuat kita tersesat. karena kita tidaklah tau akan jalan mana yg benar dan jalan mana yg salah, tentunya hal ini membutuhkan seorang pembimbing, penunjuk (guru). Karena kita sendiri sangatlah jauh dari-NYA, hal ini di sebabkan minimnya keilmuan kita dan kekurangan-kekurangan yg lainya, berbeda dg guru kita yg ilmunya begitu luas, selalu bertaqorrub kepada-NYA berprilaku sesuai tuntutan ajaran nabi SAW dan perbuatan-perbuatan baik lainnya. Maka kedekatan terhadap guru kita dg berkhidmat,belajar kepadanya dan lain sebagainya sangatlah penting.

Maka mungkin dengan khidmat dan kedekatan beliau (KH. ABD KARIM) kepada gurunya (KH. KHOLIL) sampai ajal mendekatpun masih tetap ingat  gurunya dan minta didoakan agar diakui menjadi santrinya, muncullah keberkahan gurunya, kita bisa lihat KH. ABD KARIM mendirikan pesantren salaf besar yg begitu eksis hingga sekarang yaitu Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Terkadang kita begitu bangga memiliki seorang guru yg alim, profesional dan lain-lain. Namun apakah guru kita mengakui bahwa kita adalah muridnya. Hal ini penting untuk kita koreksi. Karena bisa saja dengg prilaku kita yang kurang baik menjadikannya sakit hati dan hilangnya keberkahan ilmu yg kita dapat. Sehingga hal ini menyebabkan terputusnya hubungan rohani antara guru dan murid. Terlebih keberadaan kita d tengah-tengah pusatnya ilmu (MESIR-red) serta ulama’nya yg ramah dan tidak mengenal yg namanya gengsi karena mungkin beliau-beliau ikhlas dalam mengajar dan mendidik. Hal ini merupakan kesempatan emas untuk  kita gunakan dengan cara berkhidmat dan belajar di dalamnya. Karena bisa saja kita berada di dalamnya namun tidak memanfaatkannya dengan baik, Sama halnya kita sedang tertidur nyenyak. Maka tak heran jika salah satu mahasiswa senior AL AZHAR berpesan kepada mahasiswa juniornya bagaimana menjalani hidup di negara ARDLU AL KINANAH ini,   " القاهرة ان لم تكن تقهرها فقد قهرتك"kairo jika kamu tidak mampu menaklukannya maka kamu akan ditaklukannya. Karena memang kenyataannya ada banyak hal yg bisa membuat kita lalai bahkan kita terbuai akan pernak pernik orang-orang mesir dan melupakan tujuan utama kita berada disini.

Alhasil, mari kita tata kembali tujuan sekaligus niat utama kita berada di ARDLU AL ANBIYA’ ini, tetap mengingat sekaligus mendoakan orang tua kita dan guru-guru kita yg di indonesia,mulai dari guru ngaji sampai guru yg sekarang. Mungkin dengan hal itu bisa membuat kita menjadi semangat dalam berkhidmat dan belajar kepada ulama-ulama disini dan mendapatkan keberkahan dalam menjalani kehidupan di bumi para nabi ini.


*MUHAMMAD SYARIEF
Pasca sarjana  markaz daar el lughah 2016-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates