Juli 29, 2018

Kutitip Syurga Padamu






Bahagiaku adalah bahagiamu

Ketika cinta sepenuhnya kau rangkul,  begitu kuat kau genggam tanganku, agar aku tidak mudah terjatuh,  dan kau biarkan aku menangis dipundakmu sebagai sandaran, lalu kemudian tertidur pulas.  Ini bukan sebuah opini agar aku mendapatkan kasih sayang darimu, melainkan ini adalah bentuk cinta,  agar aku selalu berada dalam keluh kesahmu.

Ibu,  mama,  umi,  bunda,  mungkin adalah sebuah panggilan khusus yang tidak pernah berubah sejak manusia dilahirkan,  atau bahkan tidak akan pernah terlupakan, bahkan hingga nanti saat dunia beranjak. Disini aku mulai tersentuh akan sebuah sejarah baginda rasulullah saw,  kala baginda menangis di samping makam ibundanya,  ada haru yang sempat terlupakan dan mulai aku ingat,  bahwa baginda Nabi Saw. adalah sosok insan kamil bahkan lebih dari sempurna yang sejak balita telah hidup tanpa kedua orang tuanya,  bahkan ayah baginda meninggal sebelum baginda Saw dilahirkan.

Akan ada tangis di ujung senja, saat orang-orang tersayang beranjak pergi untuk selamanya,  begitupun dengan baginda rasulullah saw,  saat beliau berziarah duduk bersandar di samping makam ibundanya yang terletak di Abwa,  beliau menangis sejadinya seperti lazimnya kanak-kanak yang menangis pada umumnya, air mata baginda yang mubarak mulai mengalir membasahi janggutnya,  ketika itu pula baginda berkata pada para sahabatnya yang pada saat itu ikut serta bersama beliau: "Aku akan bermalam disini,  disisi ibuku pada malam ini", betapa sangat sayang rasulullah pada ibundanya, padahal para sahabat telah menyediakan kemah khusus untuk baginda istirahat dan bermalam disana.

Diceritakan oleh sayyidah Aisyah r.a beliau berkata:  "Rasulullah memimpin kami dalam melaksanakan haji wada',  kemudian baginda mendekat kubur ibunya sambil menangis sedih,  maka akupun ikut menangis karena tangisnya."

Maulana Thariq Jamil berkata:"Aku tidak pernah menangis berkali-kali menceritakan suatu kisah,  melainkan kisah baginda saw ketika menziarahi makam ibunya siti Aminah r.a pasti aku akan menangis lagi dan lagi."

“Seorang anak yang hebat,  sebab ada ibu yang lebih hebat”

Terkdang manusia berfikir kehebatan itu terlahir dengan sendirinya tanpa adanya alaqah antara dia dengan ibunya,  padahal berkat doa seorang ibu yang selalu berkeluh kesah pada tuhannya, tuhanpun memberikan sesuatu yang lebih pada dirinya. Bahkan terkadang manusia merasa lebih pintar dari seorang ibu yang telah melahirkannya, ketika pendidikan dan pangkat seorang anak lebih tinggi dari pada pendidikan dan pangkat ibunya, padahal dibalik itu semua ada sebuah bibir seorang ibu yang selalu mendoakannya, bahkan ibu lebih sering berdoa untuk anaknya dari pada berdoa untuk dirinya sendiri.

Di dalam al Quran  Allah juga memberi peringatan, agar seorang anak selalu hormat terhadap kedua orang tuanya, untuk tidak kasar walaupun hanya dengan sebuah kata "Ah" apalagi sampai menghardiknya. Firman Allah: "فلا تقل لهما أف".

“Betapa mulianya kedudukan kedua orang tua disisi Allah”

Maka karena usiaku dan usiamu sangatlah terbatas, mungkin hanya doa yang harus selalu aku panjatkan untuk ayah dan ibu. karena ada banyak hal yang juga harus dipertanggung jawabkan disisi Allah. Kemudian bagaimana jika tiba-tiba dunia beranjak, dan beralih kedunia selanjutnya, sedangkan ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah ada pada murka kedua orang tua? maka wahai ibu dan ayah, aku titip surgaku padamu.


Oleh: Nafia Zaini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates