April 01, 2018

Jati Diri




















Tidak diragukan lagi bahwa dalam diri seseorang terdapat jati diri yang berbeda-beda. Jati diri merupakan sesuatu keadaan khusus seseorang yang subtansinya muncul dari memori dan emosional seseorang. Jati diri inilah yang membawa sebuah kepribadian yang berbeda satu sama lainnya dengan dipengaruhi lingkungan yang berbeda, baik dari  insting, adat, kebiasaan, bahkan keyakinan. Dan hal tersebut menjadi elemen terpenting dalam kesadaran perjalanan hidup kita.

Kita selalu merasakan jati diri itu dalam berbagai kehidupan yang kita lalui dan di setiap  lembaran hidup yang kita alami. Bahkan kita merasakan yang aneh pada jati diri kita itu sendiri tatkala sedang mengalami suatu hal pada posisi tertentu.

Jati diri mempunyai tekad yang membawa pemiliknya akan selalu berbeda dengan keribadian yang lain. Oleh karena itu sangatah penting jati diri ini diperhatikan dan dibawa pada posisi yang lebih baik. Menjadi suatu keharusan bagi sebagian orang yang hanya membawa jati diri pada posisi yang negatif untuk merubahnya pada jati diri yang positif.

Namun Jati diri seseorang tidaklah terlepas dari pengaruh lingkungan yang membentuk sebuah kepribadian sesorang, mulai dari watak, cara berpikir, dan sebagainya. Sangatlah penting kiranya kita harus memerhatikan lingkungan yang kita hadapi sekarang, karena lingkungan mempunyai pengaruh besar dalam mencetak kepribadian yang hebat dan juga memberi dampak yang hebat pula untuk membahayakan kepribadian seseorang.

Inilah yang harus terbayang dibenak kita, sejauh mana jati diri kita terpengaruh oleh lingkungan, ataukah mempengaruhinya, dalam artian kita terpengaruh apa mempengaruhi? Menjadi pertanyaan besar untuk diri seseorang akan lingkungan yang ia hadapi sekarang. Kita tidak harus melarikan diri dari lingkungan, akan tetapi bagaimana caranya kita menjadikan lingkungan itu berlutut pada diri kita. Mungkin ini hanya sekedar pelampiasan dari jati diri Penulis yang tidak luput dari kesalahan dan ketidaksadaran akan dirinya. Waallahu a`lam


Oleh: Rafa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates