April 26, 2018

Bangkitnya_Arwah_Pada_Malam_Jumat



#Pena_Sang_Senja
#Semoga_Bermanfaat
#Mohon_dikeritik_jika_terdapat_kesalahan

Dulu waktu saya masih kecil, mayoritas masyarakat di daerah saya melarang anak-anaknya agar tidak keluar pada malam jum'at, lebih tepatnya pada waktu maghrib. Ya, dengan alasan yang sama sekali tidak masuk akal ketika kita renungkan ulang saat kita sudah dewasa.

Tak jarang dari kita saat masih bau kencur dulu, bahkan semua mempercayai bahwa di malam jum'at, khususnya pada waktu yang sudah saya sebutkan di atas, adalah waktu di mana arwah-arwah orang yang telah meninggal mulai bangkit untuk mengganggu kita yang keluyuran pada waktu maghrib.

Ya, menurut saya pribadi cara itu kurang baik, namun bukan berarti saya meng-klaim cara tersebut salah, tidak! hanya saja kurang tepat jika diterapkan pada anak-anak yang masih polos, atau dalam kalangan pelosok desa Madura biasanya disebut dengan istilah "Ghik tak taoh muang miro'en dhibik" (Anak yang masih belum bisa membuang ingusnya sendiri).

Mengapa sebagai penulis, saya berkata demikian? Ya, karena cara itu akan berdampak negatif pada pola pikir atau cara pandang anak-anak tersebut, seperti yang terjadi pada pribadi saya sendiri. Sehingga ketika mereka mulai tumbuh, hingga menginjak dewasa, rasa takut atau pikiran yang telah didoktrin sejak kecil akan terus menghantui setiap kali mereka berbenturan dengan waktu yang dapat mengingatkan pada masa kecilnya dulu.

Padahal tujuan mereka melarang kita untuk tidak keluar pada malam jum'at, agar kita berdiam diri dalam rumah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang telah diajarkan oleh Nabiyyuna Muhammad SAW. Dan seperti yang telah kita ketahui bersama, di antara amalan-amalan yang dianjurkan bagi kita untuk dikerjakan pada malam jumat adalah memperbanyak bersholawat atasnya.

Allah berfirman dalam kitab-Nya:

{إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما}
"Sesungguhnya Allah dan para MalaikatNya bersolawat atas Sang Baginda Rosul. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian dan haturkanlah doa keselamatan padanya (Nabi Muhammad SAW)."

Maka dari itu, saya sebagai umat Sang Baginda, bertujuan untuk mengingatkan pada antum-antum sekalian yang sedang membaca artikel pendek ini untuk senantiasa melantunkan Sholawat atasnya tanpa batas. Dengan harapan, semoga kita semua bisa mendapatkan Syafa'atnya. Amin!

الصلاة والسلام على أفصح من نطق بالضاد سيد المرسلين وخاتم النبيين حبيبنا وشفيعنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين



#Senja_Bertasbih
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates