April 15, 2018

SUMBER BARAKAH























Dalam mengakaji suatu fan ilmu ada sepuluh hal mendasar yang harus dikuasai sebelumnya, salah satunya  adalah ta'rif (Definisi). Perihal barakah, mungkin sebelum mengakaji lebih lanjut tentang barakah, dari mana sumber barakah? Lebih tepatnya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu definisi barakah?

Barakah adalah   "خيرإلهي لايعلمه إلاالله "suatu kebaikan yang tidak seoarang pun mengetahuinya kecuali Allah. Kalau lebih disederhanakan lagi yaitu sebuah anugerah tuhan atau pemberian yang sifatnya tertentu pada orang tertentu. Jika dibawa dalam ranah sosial semisal suatu resepsian yang sudah lumrah terjadi adalah suatu pemberian shohibul hajah pada tamu undangan, beda lagi dalam ranah relegi yang selalu diharapkan jutaan umat manusia, khususnya penuntut ilmu di kalangan pesantren. Mereka terkadang mengedepankan egonya dan meyakini bahwa barakah merupakan suatu pemberian tuhan atau siraman langsung yang sifatnya abstrak, tapi nihil dalam pengaplikasiannya.

Lalu dari mana sumber barakah tersebut? Penulis hanya menyebutkan sebagian sumber barakah dari berbagai macam sumber yang ada yaitu maha guru.

Guru merupakan sosok mutivator dunia yang mengubah jiwa batil menjadi jiwa terarah dan terang benderang yang patut dijunjung tinggi, karena guru tidak hanya memberi asumsi atau ilmu saja, tapi  guru juga mengerahkan segala kemampuannya untuk mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa.

Contoh kecilnya adalah ketika peserta didik kesulitan memahami pembelajaran entah dari penyampaian yang sulit dipahami, karena kebetulan bahasa yang digunakan terlalu tinggi atau dari kesulitan-kesulitan yang lain, maka seyogiyanya guru akan memberi solusi dari problem  tersebut.

Dari situlah sosok maha guru patut dijunjung tinggi tanpa diragukan lagi, karena beliulah yang selalu paham kendala penuntut ilmu dari berbagai macam aspek, dan disaat itu pula nampaklah akan perjuangan sosok motivator dunia akan keikhlasannya, sehingga dengan keikhlasannya tersebut akan muncul sesuatu yang tersirat di dalamnya yaitu barakah.


By: Dhaifil ihsan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates