September 12, 2018

INDONESIA AKAN MEWARISKAN PERADABAN


     


Berkenaan dengan peradaban di Jazirah Arab, sudah tidak diragukan lagi akan kekayaan peradaban kuno yang sudang berlangsung lama, terbukti saat islam mewariskan peradaban berdirinya kerajaan-kerajaan yang memiliki arsitektur handal dan berpengalaman. Namun sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya memahmi definisi peradaban (hadoroh), menurut pemikir islam peradaban adalah sebuah inovasi baru akan keberlangsungan hidup manusia dari berbagai tatanan hidup sosial, keilmuan, produksi dan profesi.

Melihat pada wilayah Asia khususnya negara kita Indonesia, apakah Indonesia punya warisan peradaban Islam? lalu apa perbedaan peradaban islam antara Indonesia dan Arab?.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis teringat ungkapan Prof.Dr.Qomaruddin Hidayat, mantan dekan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta pada acara talk show di Hay Sadis Kairo, beliau berkata "perbedaan peradaban islam antara Indonesia dan Arab, kalau di negara Arab seperti Palestina, Syiria, mesir dan negara arab lainnya mereka memilki warisan peradaban untuk di perlihatkan, kalau di Indonesia tidak memiliki peradaban melainkan akan mewariskan peradaban islam". Indonesia akan mewariskan peradaban islam melalui generasi muda khususnya para pelajar yang kini masih dalam tahapan proses. Indonesia mengutus pelajar ke berbagai kancah negara Mesir, Sudan, Yaman bahkan ke Benua Eropa dengan satu misi yaitu akan mewariskan peradaban islam.

            Ungkapan tersebut tidak bisa divoting langsung akan kebenerannya, buktinya Indonesia masih mempunyai peradaban islam melalui kerajaan-kerajaan kuno seperti kerjaan Majapahit walaupun tidak semasyhur peradaban islam di jazirah Arab dan Eropa, jazirah Arab sangat kaya akan peradaban, misalnya Al quds Yarussalem di Palestina, benteng Salahuddin kairo mesir belum lagi di wilayah baghdad.

           Peradaban islam tidak hanya masyhur di jazirah Arab melainkan di Benua Eropa juga masyhur akan peradaban tersebut, seperti Spanyol yang merupakan pusat peradaban islam selain Baghdad. Dari islamlah Eropa banyak mendapat ilmun dan menyerap peradapan, sehingga kehadiran islam di Spanyol banyak menarik perhatian sejarawan.


By. Dhaifil NQ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates