Februari 10, 2020

Divisi Kajian Bekali Anggota dengan Belajar Metodologi Kajian Ilmiyah


Kairo—09/02/2020, Forum Silaturahmi Keluarga Besar Al-Khairat, sukses penyelenggara Kajian dengan tema: Metodologi Kajian Ilmiyah, dengan pemateri Ust. Lukman Fayyad, Lc. Dipl.

Kegiatan ini adalah sebagian agenda dari Divisi Kajian dan juga menjadi awal dimulainya serangkaian agenda-agenda dari Divisi Kajian.

Moh Fadal selaku wakil ketua Fosikba memaparkan dalam sambutannya: "Diangkatnya tema kajian ini karena berangkat dari ketidaktahuan dan kebingungan ketika mengkaji suatu permasalahan. Berangkat dari itu kami berinisiatif untuk mengadakan kajian yang khusus metodologi ini, dengan tujuan agar agenda ini menjadi asas atau dasar bagi setiap anggota Fosikba ketika ingin mengkaji suatu permasalahan."

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para senior terutama Zakaria Asyraf selaku Dewan konsultatif. "Kegiatan ini sangat bagus sekali bagi anggota fosikba, jadi sangat disayangkan kalau tidak hadir" ungkapnya.

Adapun Anggota yang hadir pada acara tersebut sangat antusias sekali mendengarkan pemaparan dari pemateri terutama anggota baru. Dibuktikan Dengan adanya beberapa persoalan yang mereka lontarkan di sela-sela acara itu berlangsung.

Ada beberapa poin yang disampaikan pemateri adalah beberapa cara untuk mengkaji suatu permasalahan seperti:
1. Memilih tema benar dan juga tidak keluar dari tema tersebut,
2. Menggunakan bahasa yang sistematis.
3. Banyak membaca dan mampu memahami suatu teks dengan benar
4. Seorang peneliti harus selalu ragu (tidak mengklaim kebenaran dari orang lain, sebelum ia membuktikan sendiri)
5. Ikhlas dan sabar

Dan Adapun tujuan dari Metodologi Kajian Ilmiah yaitu: seorang penetili bisa menemukan suatu permasalahan yang baru dan mengkajinya dan mencetuskan sesuatu yang baru.

Dan di akhir pembahasan pemateri menyampaikan: "Jika kalian ingin menulis maka seringlah membaca."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates