Februari 24, 2020

Tumpah-ruah Antusias Anggota Hadiri Kajian Perdana

Sekian lama menunggu, Divisi Kajian FOSIKBA (Forum Silaturrahmi Keluarga Besar Al-Khairot) Jum'at, 21 Februari 2020, mulai beraktifitas kembali pasca ujian termin 1. Ini merupakan kajian rutin bulanan yang bertempat di sekretariat FOSIKBA, Saqor Quraisy, Hay Asyir.

Kajian ini merupakan salah satu momentum yang sangat di tunggu oleh tiap anggota, karena kitab yang menjadi fokus kajian atau bahasan adalah kitab: Nazharat Fi Al-Islam, karya Dr.Muhammad Abdullah Diraaz.

Pertemuan perdana ini sangat menarik sekali karena Divisi Kajian FOSIKBA mendatangkan dua pemateri sekaligus. Pemateri pertama dengan tema: Tuhan dan Sains; Dialektika Paham  Ateisme dan Monoteisme, yang dipresentasikan oleh Kang Abd. Adzim, salah satu Mahasiswa Al-Azhar University Fakultas Syari'ah Islamiyah.

Menurut ilustrasi pemakalah dengan mengutip perkataan Dr. Ismail Adham: "Pada awalnya Ateisme hanyalah sebuah ide atau konsep pemikiran, yang lambat-laun terus memperdaya dan menggorogoti saya, kemudian mampu berevolusi dari sebuah ide pemikiran menjadi sebuah ideologi." Perkataan Dr. Ismail ini, menafsirkan bahwa ateisme adalah teologi yang statusnya sama dengan teologi penganut agama. Jika para penganut agama mengimani Tuhan ada, begitu juga dengan ateisme mengimani bahwa Tuhan itu tidak ada.

Tidak jauh beda dengan paparan panelis kedua, dengan tema: Problematika Akidah dan Dinamika Legislasi Modern Hukum Islam, yang dipresentasikan oleh rekan saya Moh. Hidayat El-Shirazy, salah satu Mahasiswa Al-Azhar University Fakultas Syari'ah Islamiyah.

Sekapur sirih pemakalah bahwasanya agama adalah akidah dan hukum, keduanya sangat berelasi, mungkin kita bisa rumuskan seperti ini: akidah + hukum = agama. Jadi di sinilah kita paham bahwa agama terdiri dari dua elemen; akidah {iman}, dan hukum {islam}. iman tampa islam bagaikan biji yang tidak menghasilkan apa-apa. Sedangkan islam tampa iman bagaikan pohon yang dicabut sebab tidak menghasilkan buah.

Kajian ini Alhamdulillah berlangsung antusias dan ramai; yang juga di hadiri beberapa Anggota baru kedatangan 2019/2020.

Kajian dimulai jam 14:30 dan berakhir jam 19:00. Terakhir saya ucapan untaian terima kasih kepada pemakalah yang telah menyelesaikan makalahnya, jaza kumullah khairon ahsanal jaza', serta segenap pengurus dan anggota yang ikut serta berpartisipasi meramaikan kajian.

Tabik,

Abd. Latif Al-Misky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates