November 10, 2016

Ego dan Cara Menyembuhkan


Mungkin kebanyakan orang merasa resah dan jengkel ketika melihat seseorang sering bersifat egois. Hal tersebut mungkin tidak dirasakan oleh sipemilik sifat tersebut, maklumlah ibarat kata pepatah “seseorang tidak akan bisa melihat telinganya sendiri”, mungkin itu adalah kata yang tepat.

Nah bagaimana dengan kita yang terlanjur mempunyai sifat seperti itu?, apakah kita akan mempertahakannya atau merubahnya secara total tanpa ada proses sebelumnya?, dan bagaimana respon kita atau orang yang ada disekeliling kita ketika melihat hal tersebut?.
Sebelum menjawab pertanyaan diatas mungkin sebaiknya kita  mengetahui apa arti dari egoisme sebenarnya?.

Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Dari difisini tersebut mungkin kita sudah tidak enak mendengarnya bahkan sepemilik sifat tersebut merasakan hal yang sama. Egoisme sangatlah berbahaya apalagi sudah melampaui batas secara manusiawi. Hal tersebut akan menimbulkan sifat yang agak aneh dan heran, dan akan menimbulkan gejala-gejala seperti sering mengeluh dalam hal apapun bahkan hal yang sangat sepele, sering menyalahkan orang lain, keadaan, dan masih banyak gejala-gejala  lain yang mungkin belum kita sadari. Tentunya hal seperti itu sangatlah merugikan diri sendiri dan orang lain.

Mengatasi sifat egoisme yang berlebihan bukanlah hal yang gampang seperti mambalikkan telapak tangan. Hal tersebut memanglah sangat sulit, akan tetapi semua permasalahan akan teratasi selagi kita mempunyai kemauan, so tergantung diri kita  entah mempertahankan sifat tersebut atau tidak.

Terus bagaimana kita menghadapi hal tersebut? Apakah kita tertaawa seharian tanpa henti ? atau cemberut selama 10 bulan ? tentunya hal tersebut adalah cara yang kurang wajar untuk kita lakukan. Nah! sebaiknya kita kembali ke tips-tips mengatasi egois diri sendiri, salah satunya adalah selalu positif  thinking pada orang lain dan jangan biarkan pikiran negative menguasai diri sendiri, jangan suka membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain, kembangkan empati terhadap orang lain, sikap melayani dan mendahulukan kepentingan orang lain, sabar dan selalu tersenyum. its ingat senyumnya jangan sampai lebih 3cm lho!.

Maka dari itu sudi kiranya kita mengintrospeksi diri dan selalu membuang rasa ego terhadap orang lain. Yah hitung-hitung untuk mengurangi perpercahan mas bro!

Sekian dari kami wassalamualaikum wr wb.

Oleh ;
Syaifullah Baihaqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates