November 07, 2016

Satu Ayat al-Qur’an Untuk Menatap Masa Depan




Waktu masih kecil dulu, guruku pernah memberi nasehat yang sampai sekarang masih aku ingat dan akan selalu diingat. karna nasehat ini ternyata mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang di masa depannya. Beliau berkata dengan bahasa maduranya yang penuh dengan wibawa, “tadek tabu’en bettes bedeh e adek”.

Waktu itu aku belum paham apa maksud dari nasehat guruku itu. Lalu kemudian rasa ketidak pahamanku terjawab ketika beliau menjelaskan apa maksud dari perkataan itu. Kata beliau “Jadi yang namanya menyesal itu, terjadinya dikemudian hari. Nanti ketika kamu sudah berumur , kamu akan tahu bagaimana rasanya menyesal. Jadi mulai sekarang mumpung kamu masih kecil, rajin-rajinlah belajar supaya ketika tua nanti tidak menyesal”.


Memang terdengar biasa pada saat itu, karna aku sendiri pada waktu itu belum tahu bagaimana rasanya menyesal. Waktu itu aku hanya menjawab dengan kata ”enggi”, tanpa memahami betul apa yang sedang beliau nasehatkan kepadaku. Barulah kini setelah aku beranjak dewasa, aku mulai mengerti betapa pentingnya ‘kalam hikmah’ yang disampaikan guruku itu. Ya kini aku merasakan itu. Bahwa memang sebaiknya ‘seseorang itu memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok’. Senada dengan apa yang difirmankan Allah Swt. dalam surah Al-Hasyr ayat 18. Ini hanya sebagian contoh kecil saja dari pelajaran hidup yang penulis alami. semoga tulisan yang singkat ini bisa menjadi ibrah bagi orang-orang yang  berfikir.

Oleh ;
Kholilurrahman Zubaidi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates