Maret 19, 2018

Hipnotis Nafsu

















Hidup memang penuh dengan rintangan dan godaan, seakan-akan insan harus mendaki gunung untuk menyeberangi hal-hal yang tak di inginkan, tapi apakah bisa? di dunia ini Allah menurunkan penyakit disertai dengan obatnya, jadi jangan menganggap bahwa sesuatu tidak akan pernah dicapai atau penyakit tidak akan pernah diobati dan diatasi sekaipun telah berusaha,  justru sebaliknya maka dari ini Allah berfirman:

يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وابتغوا إليه الوسيلة وجاهدوا في سبيله لعلكم تفلحو ن
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.

Ulama menafsirkan jihad dalam ayat tersebut salah satunya adalah jihad didalam menahan nafsu,  selain jihad fisabilillah, nafsu juga termasuk sebagian dari jihad, berbicara tentang nafsu, nafsu berasal dari bahasa arab yaitu nafsun (kata mufrod)  jamaknya anfus atau nufusun dan lafad ini dapat diartikan roh, nyawa, tubuh dari seseorang, darah,  niat orang, kehendak atau keinginan yang kuat (kecenderungan atau dorongan hati yang kuat). Secara istilah nafsu adalah sesuatu yang lembut pada diri seseorang yang menimbulkan keinginan-keinginan seseorang atau dorongan-dorongan hati yang kuat untuk memuaskan kebutuhan hidupnya baik jasmani maupun rohani. Nafsu juga bisa diartikan sebagai suatu kesenangan jiwa di dalam apa yang diinginkannya dan dicintainya baik kaum adam maupun hawa,  sehingga apabila nafsu sudah melekat atau menghipnotis diri mereka niscaya mereka bagaikan Zionis  dalam mencapai keinginannya, maka dari ini Allah berfirman:

وما أبرئ نفسي إن النفس لأمارة بالسوء إلا مارحم ربي إن ربي غفور رحيم

Artinya: Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.

Sesungguhnya orang-orang yang selalu mengingat akan kebesaran Tuhannya merekalah yang bisa mengendalikan akan hawa nafsunya,  akan tetapi sangatlah sedikit orang-orang yang seperti demikian,  sehingga banyak dari kaum adam maupun hawa yang terperangkap oleh hawa nafsunya dalam melakukan berbagai dosa. Allah berfirman:

وأما من خاف مقام ربه ونهى النفس عن الهوى فإن الجنة هي المأوى
Artinya: Dan Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka Sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).

       Imam Ghazali berpendapat bahwa nafsu itu terdiri dari 4 bagian:

  1. Keserakahan nafsu terhadap harta benda.
  2. Nafsu amarah akan membakar dan membutakan.
  3. Kesenangan duniawi akan mendorong nafsu.
  4. Nafsu shahwat.
Maka dari bagian-bagian di atas, manusia akan berlomba-lomba di dalamnya tanpa memikirkan akibatnya, baik nafsu terhadap harta benda, amarah ataupun nafsu di dalam syahwat. Bagaimana caranya agar kita terhindar dari hal-hal tersebut?, maka jawabannya gampang yaitu tanya terhadap hati kita dengan tulus, introspeksi diri (محاسبة النفس  ( dan selalu mengingat akan kebesaran Allah dan apa-apa yang telah Allah berikan kepada kita. Kemudian Ibnu Qudamah berpradigma perihal nafsu bahwasanya: “nafsu itu diciptakan bukan tidak ada faidahnya, melainkan sebaliknya, dalam artian nafsu diciptakan pasti ada faidahnya. Seandainya tidak ada nafsu makan, niscaya manusia akan kelaparan, seandainya tidak ada nafsu seksual, niscaya tidak ada istilah keturunan. Yang salah itu adalah nafsu yang berlebih-lebihan, maka seyogyanya dan sejatinya bagi kita semua untuk memanfaatkan nafsu dengan sebaik mungkin.


                     Oleh: Hidayat El-shirazy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates