Maret 27, 2018

Peran Pendidikan Terhadap Kemajuan Bangsa

























Pendidikan merupakan agenda yang strategis dari sekian banyak agenda dalam mewujudkan bangsa yang maju. Sektor pendidikan selalu menyita banyak perhatian bangsa. Karena sektor ini mampu menggerakkan sektor-sektor yang lain, dan selalu memberi banyak kontribusi bagi bangsa, serta sebagai penentu dari kemajuan bangsa dimasa depan.

Dengan demikian sebelum memperhatikan sektor-sektor yang lain, maka sektor pendidikan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Bagaimana mungkin tanpa pendidikan yang bermutu akan mampu memajukan ekonomi bangsa, pembangunan, pemerintahan, dan lain-lain.

Mungkin tidak berlebihan jika pendidikan disebut sebagai investasi masa depan. Jika kita menilik kembali sejarah Islam. Puncak kegemilangan kepemerintahan Islam tercapai pada masa Dinasti Abbasiyah. Kemajuan pada masa itu  terdorong dari kemajuan di sektor pendidikan, terlebih pemerintah pada saat itu sangat memperhatikan sektor pendidikan, dan banyak dana yang disalurkan ke sektor tersebut, serta pula didukung oleh penerjemahan literatur-literatur Bahasa Persia dan Yunani ke Bahasa Arab; Sehingga kemajuan di bidang pendidikan pada masa itu sangat tampak.

Tidak hanya stagnan di bidang pendidikan saja, kemajuan pada masa Dinasti Abbasiyah juga terasa di beberapa bidang yang lain, seperti: kemajuan di bidang ekonomi, pembangunan, kedokteran, pemerintahan, dll. Hal tersebut ditandai dengan munculnya cendekiawan-cendekiawan muslim yang kompeten di bidang-bidang tersebut. Dan keilmuan-keilmuan yang berkembang pada masa itu masih tetap terasa hingga sekarang, dan selalu dikembangkan dari masa ke masa. Semua kegemilangan pada masa itu semakin menegaskan bahwa begitu penting dan besarnya pengaruh pendidikan terhadap kemajuan bangsa.

Berkenaan dengan penilaian kemajuan bangsa, pada awalnya kebanyakan dari masyarakat menilai bangsa yang maju dari segi pembangunan atau sumber daya alamnya. Namun pada abad ke-21 ini pandangan masyarakat mulai berpindah terhadap penilaian dari segi sumber daya manusianya. Karena tanpa didukung oleh SDM yang berkualitas, maka pembangunan dan SDA tidak akan terorganisir dengan baik. Dan salah satu bagian dalam mewujudkan SDM yang berkualitas yaitu harus ditopang dengan pendidikan yang berkualitas.

Sumber daya alam juga bagian dari penunjang kemajuan bangsa. Kita tidak bisa menutup mata atas ketersediaan hal tersebut, karena SDA juga bagian dari unsur dalam memajukan di sektor ekonomi dan sektor yang lain. Namun SDA bukan dari segalanya sebagai barometer kemajuan, karena SDA akan berkurang dan punah dengan beriringnya waktu berlalu. Beda halnya dengan sumber daya manusia, yang kualitas dan keilmuannya terus mengalir dan semakin berkembang dari masa ke masa, yakni dengan cara mentransformasi keilmuan ke generasi selanjutnya. Maka dari itu, untuk memanfaatkan dan memenej SDA dengan baik, dibutuhkan pendidikan yang bermutu.

Jika kita sebagai pelajar yang ingin memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa, maka kita harus bisa membangun dasar-dasar pendidikan yang baik, karena hal tersebut diharapkan dapat berkontribusi di bidang-bidang yang lain.

Tulisan ini kami buat untuk menyadarkan seseorang yang menganggap pendidikan hanya sebagai formalitas saja, yang menurutnya pendidikan bukanlah hal yang penting, dan tidak akan memberikan dampak besar bagi kehidupan. Dan tentunya tulisan ini masih jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan di sana-sini, serta penggunaan kata yang kurang tepat. Maka dari itu, dengan senang hati kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Meski demikian, besar harapan dari kami semoga tulisan ini dapat memberi manfaat bagi pembaca dan bisa berkontribusi dalam memajukan bangsa.


Oleh: Hafidz Riyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates